Puluhan Proyek Infrastruktur Rampung di 2022, Ada Bendungan-Jalan Tol

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 November 2021, 14:03
infrastruktur, bendungan, jalan tol
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021). Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Bocimi seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak yang memiliki panjang 11,90 kilometer akan rampung pada akhir 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sejumlah pembangunan proyek infrastruktur selesai pada 2022. Proyek tersebut meliputi bendungan hingga jalan ratusan kilometer jalan tol.

Proyek yang konstuksinya ditargetkan rampung tahun depan yakni Bendungan Ciawi, Sukamahi, Margatiga, Sadawarna, Lolak, Semantok, Tamblang, Beringinsila dan Kuwil Kawangkoan.

Advertisement

Selain itu, Kementerian PUPR juga menambahkan pembangunan jalan tol sepanjang 421 kilometer, di antaranya Seksi 1 Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 64 kilometer, dan Seksi 2 Semarang-Demak sepanjang 16 kilometer.

Juga, Seksi 2 Ciawi-Sukabumi sepanjang 12 kilometer juga akan dirampungkan pada 2022.

 Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pemerintah juga akan memulai pembangunan beberapa proyek strategis tahun depan.

Di antaranya adalah Bendungan Cijurey dan Cibeet di Jawa Barat, Kedunglanggar di Jawa Tengah, dan Kolhua di NTT.

"Kemudian, proyek strategis lainnya yang akan dimulai pada tahun depan yakni, pembangunan pengendali banjir, antara lain Kali Bekasi di Jawa Barat dan Kali Bogowonto di Jawa Tengah," kata Herry dalam Economic Outlook 2022, Rabu (24/11).

Proyek lainnya yakni, pembangunan jalan yakni Manado Outer Ring Road III di Sulawesi Utara dan ruas jalan Membramo-Elelim di Papua.

Lalu, pembangunan jembatan dan jalan layang, antara lain Jembatan Teluk Buton-Kalrik di Kepulauan Riau dan Jalan Layang Kopo di Jawa Barat juga akan dimulai pada tahun depan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement