PM Swedia Magdalena Mundur Setelah Menjabat Kurang dari 12 Jam

Image title
Oleh Maesaroh
25 November 2021, 08:12
Swedia, Eropa
ANTARA FOTO/Erik Simander /TT News Agency/via REUTERS/HP/sa.
Magdalena Andersson (paling kanan) diberi ucapan selamat setelah ditunjuk sebagai Perdana Menteri Swedia pada Rabu (24/11/2021)

Perdana Menteri (PM) Swedia Magdalena Andersson mundur dari jabatannya hanya 12 jam setelah menduduki posisi tersebut. PM perempuan pertama Swedia itu mundur karena partai koalisi pendukungnya kolaps.

Magdalena sebelumnya merupakan mantan menteri keuangan dan ketua Partai Demokrat Sosial.
Perempuan berusia 54 tahun tersebut mundur sebagai PM Swedia setelah Partai Hijau, partai junior pendukung koalisi pemerintahannya menarik dukungan kepadanya.

Partai tersebut mundur setelah rancangan anggaran yang disusun koalisi pendukung Magdalena ditolak parlemen.

Dengan kondisi tersebut, pemerintahan Swedia harus menjalankan pemerintahan dengan anggaran yang diajukan partai oposisi yang terdiri dari Partai Moderat, Demokrat Kristen dan sayap kanan Demokrat Swedia.

 Magdalena mengatakan dia sudah berbicara dengan kepala parlemen Swedia mengenai pengunduran dirinya.

"Saya sudah meminta kepala parlemen untuk membebaskankan saya dari tugas sebagai PM," tutur Magdalena, dikutip dari the Guardian.

"Ada praktik konstitusional bahwa pemerintah koalisi harus mengundurkan diri ketika salah satu partai mundur. Saya tidak ingin memimpin pemerintahan yang legitimasinya dipertanyakan," tambahnya.

 Magdalena mengatakan pemerintahan yang ada saat ini akan terus berlanjut dan dia siap menjadi PM lagi dengan pemerintahan satu partai yakni Partai Sosial Demokrat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...