Varian Baru Covid-19 Menyebar, Inggris Larang Warganya ke Afrika

Cahya Puteri Abdi Rabbi
26 November 2021, 11:43
Inggris, Covid, Covid-19, coronavirus
Edward Jenner/Pexels
Ilustrasi virus Covid-19

Pemerintah Inggris memberlakukan pembatasan perjalanan ke Afrika Selatan dan lima negara tetangga menyusul  merebaknya varian baru Covid-19.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyatakan, varian yang disebut B.1.1.529 memiliki spike protein (bagian mirip paku yang ada di permukaan virus) yang sangat berbeda dengan yang ada pada virus corona asli, yang menjadi dasar vaksin Covid-19.

Advertisement

Pada Kamis (25/11), otoritas negara Inggris memberi peringatan bahwa varian Covid baru B.1.1.529 yang baru diidentifikasi menyebar di Afrika Selatan kemungkinan membuat vaksin menjadi kurang efektif dan membahayakan upaya untuk memerangi pandemi.

 "Ini adalah varian paling signifikan yang kami temui hingga saat ini. Penelitian mendesak sedang dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang penularan, tingkat keparahan, dan kerentanannya terhadap vaksin," kata Kepala Eksekutif UKHSA Jenny Harries, dikutip dari Reuters, Jumat (26/11).

Varian ini pertama kali diidentifikasi pada awal minggu ini. Oleh karena itu, Inggris segera memberlakukan pembatasan perjalanan di Afrika Selatan dan lima negara tetangga.

Inggris mengumumkan untuk sementara waktu melarang penerbangan dari Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini mulai Jumat (26/11).

Inggris juga meminta pelancong Inggris yang kembali dari tujuan tersebut harus dikarantina.

Skotlandia juga mengikuti keputusan pemerintah Inggris. Turis yang datang dari enam negara tersebut harus mengisolasi diri dan menjalani dua kali tes PCR.
Sementara karantina hotel akan diberlakukan mulai pukul 04:00 GMT pada hari Sabtu (27/11).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement