Penumpang MRT Hampir 900 Ribu Orang pada November, Tertinggi Tahun Ini

Image title
Oleh Maesaroh
30 November 2021, 15:05
MRT, MRT Jakarta,
mrtJakarta/twitter
Penumpang MRT Jakarta

Penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta dari level 2 ke level 1 di awal November lalu berdampak besar terhadap jumlah penumpang moda mass rapid transit (MRT).

Berdasarkan data MRT Jakarta,  jumlah penumpang MRT pada 1-29 November mencapai 872.925 orang. Angka tersebut naik 23,3% dibandingkan yang tercatat pada bulan sebelumnya sebanyak 707.854 orang.

Advertisement

Secara harian, moda transportasi yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia-Lebak Bulus di Jakarta  itu mengangkut penumpang sebanyak 30.101 orang, meningkat 31,8% dibandingkan 22.834 orang.

Jumlah penumpang MRT di bulan November adalah yang tertinggi sepanjang tahun ini, baik secara kumulatif maupun harian.

 Jumlah penumpang MRT di November lebih tinggi dibandingkan yang tercatat pada Mei yakni 744.488 orang dan April 710.803, saat Indonesia belum memasuki gelombang Covid-19 kedua.

Sebagai informasi, jumlah penumpang MRT mencapai titik terendah di tahun ini pada Juli  yakni 134.053 orang, atau 4.324 orang per hari. Pada periode tersebut, Jakarta memberlakukan PPKM Darurat menyusul lonjakan kasus selama  gelombang Covid-19 kedua.

Artinya, kenaikan jumlah penumpang MRT pada November mencapai 596% dibandingkan pada puncak pandemi gelombang II di Juli.

Sepanjang tahun ini, jumlah penumpang MRT mencapai 6.043.079.

Kenaikan penumpang MRT merupakan salah satu indikasi naiknya mobilitas masyarakat ke tempat kerja mengingat moda tersebut menghubungkan simpul-simpul perkantoran di DKI Jakarta.

 Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar  mengatakan penumpang MRT kemungkinan besar akan kembali turun pada Desember. 

Penurunan terjadi menyusul akan diberlakukannya PPKM Level 3 di Jakarta selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement