Penemu AstraZeneca Peringatkan Pandemi Berikutnya Bisa Lebih Mematikan

Rizky Alika
7 Desember 2021, 12:27
Astrazeneca, pandemi, Covid-19, omicron, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/File Photo/HP/dj
Sejumlah pria memakai baju pelindung berdiri di sebelah jasad kerabat mereka, yang meninggal dari komplikasi terkait infeksi virus corona (COVID-19), sebelum dikremasi di halaman krematorium di New Delhi, India, Jumat (4/6/2021).

Berbagai negara tengah mewaspadai penularan virus Covid-19 varian Omicron. Profesor Oxford yang juga menciptakan vaksin AstraZeneca Profesor Dame Sarah Gilbert pun memperingatkan pandemi masih jauh dari akhir.

Ia pun mengatakan pandemi berikutnya diperkirakan bisa lebih menular dan mematikan.

“Ini bukan menjadi yang terakhir kalinya sebuah virus mengancam hidup dan penghidupan kita," kata Gilbert seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (7/12).

Peringatan tersebut dijelaskan saat varian baru menyebar dengan cepat di Inggris. Aturan perjalanan pun akan diperketat mulai Selasa (7/12) untuk mencegah potensi infeksi.

 Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan, varian Omicron yang terkonfirmasi di Inggris berjumlah 336 kasus hingga Senin (6/12). Penularan pada tingkat komunitas terjadi di berbagai wilayah Inggris.

Pada saat yang sama, para aktivis telah memperingatkan kegagalan untuk memvaksinasi populasi dunia terhadap virus corona. Kegagalan tersebut telah berdampak pada kemunculan varian Omicron.

Data Worldometers menunjukkan, kasus Covid-19 di dunia telah mencapai 266,73 juta kasus hingga Selasa (7/12).

Dari jumlah itu, total kasus meninggal mencapai 5,27 juta kasus, sedangkan kasus sembuh mencapai 240,27 juta kasus.

Varian baru Omicron yang pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan kini menyebar di banyak negara, termasuk di Eropa yang tengah berjuang menghadpai gelombang baru Covid-19.

Varian Omicron juga  menyebar ke sejumlah negara tetangga, yakni Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...