Forum Bizfest Catat Transaksi Rp 35,9 Miliar, Diikuti Seribu Waralaba

Cahya Puteri Abdi Rabbi
15 Desember 2021, 08:24
Black Kebab ikut menyemarakkan acara BizFest yg diadakan oleh Kemendag, AFI, Wali dan Asensi.
black_kebab/instagram
Black Kebab ikut menyemarakkan acara BizFest yg diadakan oleh Kemendag, AFI, Wali dan Asensi.

Indonesia Franchise Forum (IFF) dan Bizfest 2021 berhasil mencatat total transaksi sebesar Rp 35,9 miliar. Total transaksi terdiri atas transaksi festival belanja sebesar Rp 6,5 miliar, transaksi potensial festival peluang bisnis sebesar Rp 25,7 miliar, dan transaksi riil sebesar Rp 3,6 miliar.

IFF-Bizfest 2021 berlangsung pada 7-13 Desember. Acara ini terselenggara atas kerja sama Asosiasi Franchise Indonesia, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, serta didukung Kementerian Perdagangan.

Rangkaian BizFest2021 akan diselenggarakan secara paralel dengan IFF 2021 secara hibrida dan akan dihadiri hingga sekitar seribu pelaku usaha waralaba.

"Ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam penyelenggaraan kegiatan ke depannya, untuk mendukung peningkatan daya saing dan akses pasar bagi waralaba lokal, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dalam keterangan resminya, Selasa (14/12).

 Oke berharap, kesuksesan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan nilai investasi, peluang bisnis, dan nilai transaksi dalam negeri di sektor bisnis lisensi dan waralaba.

Dengan demikian, kesuksesan kegiatan juga dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional.

IFF-BizFest 2021 juga diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang kerja dengan semakin banyaknya pelaku usaha di bidang lisensi dan waralaba yang tercetak.

Sebelumnya,  Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, waralaba lokal kini menguasai pasar dalam negeri dan bersiap untuk merambah ke pasar regional.  Menurutnya, Indonesia juga tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing.

Sebagai informasi, sejumlah waralaba lokal sudah merambah ke pasar ASEAN, di antaranya adalah Alfamart, J.CO Coffee & Donut, serta Kebab Turki Baba Rafi.

Baca Juga

 Dengan kolaborasi antara pengusaha, pemerintah, dan asosiasi, Lutfi optimis semakin berdaya saing dan menembus pasar global.

Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sebanyak 2.300 peluang bisnis waralaba di dalam negeri. Ia mengatakan, usaha waralaba merupakan usaha yang menguntungkan dalam jangka waktu lima tahun.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...