Kasus Omicron Inggris Bisa Capai 1 Juta, Pemain Bola Antigen Tiap Hari

Cahya Puteri Abdi Rabbi
15 Desember 2021, 11:04
Omicron, Inggris, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/aww/cfo
Warga mengantri untuk menerima dosis vaksin dan booster COVID-19, saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) terus berlanjut, di sebuah pusat vaksinasi berjalan di Saint Thomas\' Hospital, di London, Britain, Selasa (14/12/2021).

Kasus penularan varian Covid-19 Omicron di Inggris terus melonjak. Pakar memprediksikan, jumlah kasus Omicron di Inggris akan mencapai 1 juta kasus per hari pada akhir Desember 2021.

Penasihat kesehatan masyarakat pemerintah Inggris, Susan Hopkins mengatakan, penularan varian Omicron selalu berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari.

Namun, penularannya semakin cepat dan disebut akan menyebabkan gelombang baru penularan Covid yang berisiko memberikan tekanan yang signifikan pada negara tersebut.

Sementara, jumlah infeksi Omicron di seluruh Inggris diperkirakan jauh lebih tinggi, yakni sekitar 200.000 infeksi harian pada hari Senin (13/12).
Data resmi yang dikeluarkan Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) pada Selasa (14/12) melaporkan kasus Omicron mencapai 5.346, bertambah 633 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Tingginya perbedaan angka tersebut terjadi karena dikhawatirkan banyak orang yang terinfeksiOmicron tapi tidak menjalani tes Covid-19.

Secara keseluruhan, Inggris melaporkan kasus tambahan Covid-19 sebanyak 59.510, kemarin, yang menjadi rekor tertinggi sejak awal Januari tahun ini.

 Hopkins mengatakan, dengan begitu banyak orang yang diperkirakan tertular virus selama beberapa minggu mendatang, sistem pelayanan kesehatan nasional Inggris (NHS) akan berada di bawah tekanan yang signifikan.

“Jika kita memiliki satu juta kasus dalam satu hari, sebagian kecil dari orang-orang yang membutuhkan rawat inap akan terdampak,” katanya dikutip dari The Guardian, Rabu (15/12),

Pemerintah Inggris juga mengkhawatirkan peningkatan kasus yang sangat cepat akan berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kegiatan di pusat perbelanjaan.

Oleh karena itu, jika lonjakan kasus terus terjadi, pemerintah akan memberlakukan 10 hari isolasi mandiri bagi orang yang tertular Covid.

Rumah sakit di Inggris bersiap juga telah siap menghadapi lonjakan pasien Covid mulai pekan depan karena varian Omicron menyebar begitu cepat.

Penularan Omicron yang lebih cepat membuat rumah sakit harus kembali merawat sejumlah besar pasien meskipun gejala yang dialami lebih ringan daripada varian Delta.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...