Resmi Beroperasi, Pelabuhan Patimban Langsung Ekspor Ribuan Mobil

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 Desember 2021, 17:39
Pelabuhan, Patimban, ekspor
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nz.
Pekerja memasukkan kendaraan ke dalam Kapal MV Fujitrans saat ekspor perdana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021).

Terminal mobil Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat resmi beroperasi dan berganti operator pada hari ini, Selasa (17/12). Dalam peresmiannya, pelabuhan ini langsung melayani ekspor mobil perdananya.

Pengoperasian terminal mobil ini dilakukan setelah pengelolaan Pelabuhan Patimban diserahterimakan dari Pelindo kepada konsorsium PT Pelabuhan Patimban Indonesia (PPI) dan Toyota Tsusho Corporation.

Penandatanganan serah terima pengelolaan aset sudah dilakukan di Kantor Pusat Kementerian perhubungan, Jakarta, Kamis, (16/12).

Setelah serah terima operator, Pelabuhan Patimban langsung melayani ekspor perdana sebanyak 1.209 unit kendaraan ke Filipina.

 Ekspor menggunakan Kapal MV. Fujitrans berbendera Liberia berukuran 27.286 Gross Ton (GT).

Kapal tersebut telah bersandar di Pelabuhan Patimban sejak Kamis (16/12) pukul 10.00 WIB. Kapal tersebut membawa sebanyak 84 unit kendaraan impor dari Jepang. 

"Kapal ini akan melakukan kegiatan bongkar muat sebanyak 84 unit kendaraan dan 1.200 kendaraan CBU yang nantinya akan dikirimkan ke negara tujuan ekspor dengan rute Port Lang, Singapura, Kuching, dan Filipina," kata Direktur Utama PT PPI Fuad Rizal dalam acara Handover Ceremony Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban dan Ekspor Perdana Kendaraan, Jumat (17/12).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Pelabuhan Patimban bisa berkolaborasi dengan Tanjung Priok untuk menjadi hub pelabuhan yang memiliki daya saing di kawasan Asia Tenggara.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II tersebut juga mengimbau kepada para pelaku industri otomotif untuk berkomitmen menjadi ekportir yang riil, dan dapat meningkatkan daya saing logistik nasional. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...