Derita WNI yang Pulang Kampung, Cari Hotel Karantina Susah dan Mahal

Image title
Oleh Maesaroh
20 Desember 2021, 19:03
WNI, karantina, hotel, pandemi
Gaganawati Stegmann
Antrian WNI yang menunggu giliran masuk Wisma Atlet di Bandara Soekarno Hatta

Pemerintah memberlakukan masa karantina selama 10 hari bagi warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari luar negeri. Karantina bisa dilakukan atas biaya sendiri di hotel. 

Namun, banyak WNI  yang  baru kembali ke Tanah Air dan hendak karantina di hotel mengeluh karena sulitnya mencari hotel dan mahalnya biaya karantina.

Advertisement

Keluhan salah satunya disampaikan Amelia. Pegawai Negeri Sipil di salah satu kementerian tersebut baru saja kembali dari Brisbane, Australia, untuk menuntaskan studi masternya pada 7 Desember lalu.

Dia terpaksa mengeluarkan uang sebesar Rp 8,2 juta untuk melakukan karantina di sebuah hotel di Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Biaya Rp 8,2 juta termasuk untuk dua kali tes PCR, ongkos jemput dari bandara, makan tiga kali sehari, serta laundry lima helai baju per hari.

 Dia sudah memesan hotel jauh-jauh hari sebelum pulang ke Indonesia. Hal itu untuk mempersingkat waktu pemeriksaan di bandara Tanah Air.

Barcode dan bukti bookingan hotel nantinya harus ditunjukan di pos pemeriksaan terminal kedatangan. 

"Itu saja sudah termasuk hotel yang sangat murah dibandingkan yang lain,"tuturnya kepada Katadata, Senin (20/12).

WNI yang baru pulang seperti Amelia sebenarnya bisa melakukan karantina secara gratis di Wisma Atlet. Namun, antrian untuk masuk ke wisma tersebut sangat panjang. Pertimbangan kesehatan juga membuatnya memilih melakukan karantina di hotel.

"Di Wisma kan satu kamar diisi dua orang. Saya pulang kan mau ketemu orang tua jadi saya tidak boleh bawa virus dan menularkan ke orang tua,"tambahnya.

 Menurutnya biaya yang dikeluarkan Rp 8,2 juta untuk karantina 10 hari sangat mahal. Terlebih, rate hotel tempat dia menginap hanya berkisar Rp 300 ribu-400 ribu untuk menginap dua hari satu malam bagi pengunjung biasa.

"Makanannya juga tidak enak. Standar sekali. Sementara kami tidak boleh memesan makanan dari luar. Kami hanya bisa pesan makanan dari hotel," ujarnya.

Berdasarkan Covid19.go.id, terdapat  setidaknya 142 hotel yang dijadikan rujukan buat karantina di wilayah Jabodetabek.
Biaya karantina hotel sangat bervariasi  hingga mencapai puluhan juta tergantung status bintang hotel tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement