Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru Pada 24 Desember

Image title
Oleh Antara
22 Desember 2021, 14:10
jasa marga, nataru, jalan tol
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021)

PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik atau keluar Jabodetabek selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  (Nataru) akan terjadi pada Jumat 24 Desember 2021. Sementara itu,  arus balik menuju Jakarta diperkirakan bakal terjadi pada Minggu 2 Januari 2022.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita memperkirakan pada puncak arus mudik akan ada peningkatan arus lalu lintas sebesar 34,5% dibandingkan pada saat normal pada November 2021.

Sementara itu, arus lalu lintas diperkirakan meningkat 26,5% pada puncak arus balik pada 2 Januari 2022.

 Salah satu ruas tol yang diperkirakan sangat padat adalah di KM 48 sampai dengan KM 66 Tol Jakarta Cikampek.

"Khususnya di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek setelah pertemuan dari lajur tol layang Jakarta-Cikampek dan lajur bawah Tol Jakarta-Cikampek, memang sudah terjadi kepadatan di mana mayoritas pengendara melakukan perjalanan menuju arah timur," kata Atika, saat konfereni pers, Rabu (22/12).

Sebagai upaya antisipasi kepadatan arus lalu lintas selama Nataru, Jasa Marga mengambil sejumlah langkah antara lain pembentukan Satgas JM Siaga Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta Satgas JM Siaga Penanggulangan Kondisi Darurat.

Operator tol plat merah tersebut juuga akan melakukan pengawasan pelaksanaan transportasi melalui Posko Pusat Natal dan Tahun Baru oleh Kementerian Perhubungan.

Juga, melakukan identifikasi lokasi rawan kepadatan dan penanganannya.

Juga, mengoptimalkan kapasitas lajur dan memastikan bahu jalan bersih dari gangguan kendaraan, menghentikan sementara pekerjaan konstruksi.

 Selain itu dilakukan upaya kuratif dan preventif dalam mengantisipasi genangan di jalan tol, berkoordinasi dengan kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan untuk dalam pelaksanaan rekayasa lalu lintas dan pengaturan operasional angkutan barang.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...