Jalur Ganda Sukabumi dan MRT Jakarta Jadi Fokus Proyek Kereta Api 2022

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Desember 2021, 17:41
kereta, kereta api, transportasi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU
Warga berjalan melewati pembangunan jalur ganda Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/11/2021). Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi tahap 1 yang melintasi Bogor-Cigombong selesai pada Maret 2022.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) berkomitmen menyelesaikan proyek-proyek pembangunan dan peningkatan jalur kereta api tahun depan.

Beberapa program pembangunan prasarana yang akan dilaksanakan di tahun 2022 antara lain, elektrifikasi Jalur KA Lintas Solo Balapan - Solo Jebres (3,5 km), Double Track lintas Bogor-Sukabumi (26,8 km), dan Double Track Kiaracondong - Cicalengka Tahap 1 dan 2 (22,17 km).

Kemudian, pembangunan jalur ganda KA Mojokerto-Sepanjang (33 km), jalur KA Maros-Barru (59,6 km) serta Engineering Service Jakarta MRT East-West Project (Phase I).

“Kami juga akan melanjutkan sejumlah kegiatan peningkatan jalur KA di Pulau Jawa dan Sumatera," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangan resminya, Rabu (21/12).

Peningkatan tersebut termasuk fasilitas operasi perkeretaapian lintas Jatinegara-Bogor dan Manggarai-Jakarta Kota, jalur KA Medan – Labuan, peningkatan jalur KA lintas Padang-Pariaman serta peningkatan jalur KA di lokasi lain.

Sementara itu, sepanjang tahun 2021, DJKA telah membangun setidaknya 177,26 kilometer jalur kereta api di seluruh Indonesia.

Dari keseluruhan pembangunan jalur baru tersebut, 49,60 kilometer sudah diselesaikan di tahun 2021, sementara sisanya sepanjang 127,66 kilometer pembangunannya masih berlanjut.

Penyelesaian jalur elektrifikasi sepanjang 62,8 kilometer lintas Jogja-Solo di awal tahun merupakan bentuk peningkatan pelayanan dengan dioperasikannya KRL Jogja-Solo sebagai KRL pertama di luar Jabodetabek.

Selain itu, DJKA telah mengoperasikan jalur ganda layang KA Yogyakarta International Airport sepanjang 5,4 kilometer.

Jalur tersebut memberikan kemudahan akses dari dan menuju ke bandara, sekaligus menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi.

Jalur-jalur lain yang dibangun oleh DJKA di tahun 2021 antara lain, jalur ganda KA Bogor-Sukabumi, jalur ganda KA Gedebage-Haurpugur, jalur ganda KA Mojokerto-Sepanjang, jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...