Mendag Lepas Ekspor Akhir Tahun Rp 35 Triliun, Dikirim ke 58 Negara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 Desember 2021, 14:22
ekspor, perdagangan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Sejumlah truk pengangkut peti kemas melintas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/12/2021). Badan Pusat Statistik menyatakan surplus neraca perdagangan?pada November 2021 sebesar US$ 3,51 miliar

Kementerian Perdagangan melepas ekspor akhir tahun senilai US$ 2,44 miliar atau sekitar Rp 35,03 triliun dari 62 kabupaten/kota di 26 provinsi. Pelepasan ekspor dipimpin oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan dilaksanakan serentak di 18 titik secara hibrida.

"Saya berharap pelepasan ekspor ini dapat memotivasi kalangan dunia usaha untuk terus mempertahankan dan memperluas pasar ekspornya,” kata Lutfi dalam acara Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021, Kamis (23/12).

Kegiatan pelepasan ekspor ini diikuti oleh 278 perusahaan, dengan rincian 54 perusahaan atau kurang lebih 19% merupakan kategori usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan total ekspor mencapai US$ 5,56 juta atau setara Rp 79,7 miliar.

 Adapun ragam produk yang diekspor antara lain, produk perikanan dan kelautan, furnitur, handicraft, dekorasi rumah, makanan olahan, rempah-rempah, serta tekstil dan produk tekstil.

Sementara sebanyak 81% atau 224 perusahaan berkategori non UMKM dengan total ekspor mencapai US$ 2,43 miliar atau setara dengan Rp 34,9 triliun.

Produk yang diekspor antara lain, batu bara, otomotif, minyak sawit dan turunannya, produk perikanan dan kelautan, tekstil dan produk tekstil, produk kimia sepeda dan bagiannya, serta karet dan produk karet.

Selain itu, ada juga produk makanan dan minuman olahan, furnitur, handicraft dan home decor, besi baja, produk hasil perkebunan, minyak atsiri, kayu dan produk kayu, alas kaki, keramik, pipa, dan timah.

 Negara tujuan ekspor tersebar ke 58 negara, dengan 87% didominasi ke pasar tradisional.  Sekitar 13% tujuan ekspor ke negara non tradisional, antara lain Polandia, Pakistan, Kamboja, Afrika Selatan, Meksiko, Maldives dan Oseania.

Sebagai informasi, terdapat 26 Provinsi yang mendukung acara Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021. Adapun provinsi tersebut yaitu Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...