Luhut Minta Tol Becakayu Tuntas di 2022 Karena Sudah Mangkrak 25 Tahun

Image title
Oleh Maesaroh
24 Desember 2021, 17:44
Luhut, tol, Jalan tol
Kemenko marvest
Luhut Pandjaitan melakukan kunjungan ke pembangunan Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu) pada hari ini, Jumat (24/12).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meminta agar pembangunan Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu)  bisa dituntaskan tahun depan. Pasalnya, proyek tersebut sudah mangkrak sejak 1996.

Luhut didampingi oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian melakukan kunjungan ke pembangunan Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu) pada hari ini, Jumat (24/12).

“Pembangunan jalan Tol Becakayu ini sudah dimulai dari tahun 1996, tetapi masih dalam proses penyelesaian hingga sekarang. Oleh karena itu, proyek ini harus segera kita tuntaskan,” tutur Luhut, dalam keterangan resminya, Jumat (24/12).

 Sebagai catatan, proyek tol Becakayu sudah diinisiasi sejak zaman Orde Baru, tepatnya pada 1994. Tol tersebut mulai berjalan setelah Surat Perintah Kerja (SPK) terbit pada tahun 1996. 

Namun, baru berjalan dua tahun, proyek jalan tol ini yang dikerjakan PT Kresna Kusuma Dyandra berhenti akibat krisis ekonomi pada 1998. Padahal, tiang-tiang pancang tol layang ini sudah terpasang.

Pada tahun 2015, PT Waskita Karya mengambil alih pembangunan tol dan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sehingga pembangunan dapat terus berjalan.

Selain itu, investasi untuk pembangunan tol juga akan terus didorong masuk ke Indonesia.

“Kalau proyek ini bisa segera diselesaikan, kita dapat merasakan manfaat yang luas, utamanya dalam mengurangi kemacetan dan memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat,” tutur Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...