Ada Potensi Cuaca Ekstrem di Nataru, Waspadai Jasa Penyeberangan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 Desember 2021, 16:29
BMKG, cuaca ekstrem gelombang tinggi, penyebrangan
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.
Anak bermain di sekitar jalan yang rusak akibat diterjang gelombang di Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu (27/11/2021). BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter di perairan Selat Sunda yang terjadi hingga 28 November 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada seluruh pengelola jasa penyeberangan Bakauheni - Merak akan adanya potensi cuaca ekstrem, termausk gelombang tinggi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru di perairan Selat Sunda.

"Potensi cuaca ekstrem akibat La Nina sangat besar kemungkinan terjadi. Kami mohon untuk tetap waspada dan tidak memaksakan mengangkut penumpang jika cuaca tidak memungkinkan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam keterangan resminya, Jumat (24/12).

Dwikorita menyebut, peringatan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi tersebut. Ia berharap agar Syahbandar menunda Surat Persetujuan Berlayar (SPB) jika cuaca sedang buruk.

 Terkait prediksi curah hujan, di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022 di periode Natal dan Tahun Baru menunjukkan bahwa curah hujan pada umumnya berada pada kategori menengah hingga tinggi (100 - 500 mm per bulan).

Puncak musim hujan sendiri diperkirakan waktu terjadinya akan berbeda di setiap wilayah Indonesia.

Adapun beberapa wilayah lain di Indonesia akan memasuki puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2022, yang terjadi secara bertahap dalam waktu tidak bersamaan.

Di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau, Bengkulu, dan Jambi, puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Desember.

Sementara itu, puncak musim hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Kalimantan, NTT, NTB dan Bali diperkirakan terjadi pada Januari hingga Februari 2022.

 Dia menambahkan, pembaruan informasi cuaca dapat diakses melalui website di www.bmkg.go.id, atau melalui mobile application InfoBMKG yang bisa diunduh di Google Play Store maupun Apple Store.

"Hal ini penting guna meningkatkan kewaspadaan di daerah-daerah yang rawan terhadap bencana geo-hidrometeorologi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...