Kemenperin Apresiasi Sagara Boots yang Mendunia, Pembeli Antri 4 Bulan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 Desember 2021, 13:09
Sagara boots, alas kaki, industri
sagarabootmaker/instagram
Koleksi sepatu produksi Sagara boots

Indonesia merupakan negara pusat produksi alas kaki terbesar ke-4 dunia. Indonesia juga memiliki potensi menjadi produsen sepatu lokal yang mampu bersaing di level dunia, termasuk Sagara Boots dan Pijakbumi.

Kedua merk tersebut sudah membuktikan mampu merambah ke pasar global di tengah persaingan yang ketat.

Sagara Boots telah tembus menjadi sepatu boots kulit tier satu, yang setara dengan sepatu asal Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Sedangkan, produk Pijakbumi telah diekspor ke 20 negara di dunia.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan, kedua industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki tersebut telah membuktikan bahwa brand sepatu lokal semakin inovatif.

Mereka memiliki desain yang mengikuti selera pasar terkini, serta tetap memerhatikan produksi ramah lingkungan dan berkesinambungan.

 Bahkan, mereka mampu melayani permintaan secara custom atau sesuai selera konsumen. 

“Dengan kualitas yang terbaik, kami optimistis brand lokal bisa lebih keren dan punya nilai jual tinggi dibanding brand luar yang ada di retail besar,” kata Reni dalam keterangan resminya, Kamis (30/12).

Pendiri sekaligus pemilik Sagara Boots, Bagus Satrio mengungkapkan, semakin banyak media asing yang mengekspos kemampuan industri sepatu Indonesia dalam menghasilkan boots yang berkualitas, yang bisa bersaing dengan produk kelas dunia.

Ia mengatakan, dengan pemilihan bahan baku berkualitas tinggi, harga boots Sagara dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan produk Amerika, yakni berkisar Rp 6 juta per pasang.

 Sagara Boots bisa menerima pesanan secara custom, dan seluruh produksi sepatunya dilakukan secara manual dengan tangan.

Tim Sagara pun menerapkan sistem daftar tunggu atau waiting list sampai empat bulan lantaran tenaga kerja yang terbatas dan pesanan yang semakin membludak.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...