Turun Harga, Tes Antigen di Stasiun Dibanderol Rp35 Ribu Per 1 Januari

Tarif Antigen baru berlaku untuk pemeriksaan Antigen di 83 stasiun. Ke-83 statiun tersebut di antaranya adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Tasikmalaya, dan Cirebon.
Image title
30 Desember 2021, 15:07
kereta, Antigen di Stasiun Kereta Api Bandung, covid-19, gerakan 3M
Kereta Api Indonesia
Tes Covid-19 Antigen di Stasiun Kereta Api Bandung

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menurunkan harga Rapid Test Antigen  yang dilakukan di stasiun mereka menjadi Rp 35.000 per Sabtu, 1 Januari. Tarif tersebut lebih murah dibandingkan dengan yang dipatok saat ini sebesar Rp 45.000.

"Penyesuaian tarif Rapid Test Antigen tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan di masa libur Tahun Baru 2022 ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi, Kamis (30/12).

Tarif baru ini berlaku untuk pemeriksaan Antigen di 83 stasiun. Ke-83 statiun tersebut di antaranya adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Juga, di stasiun Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Pasar Turi, dan Probolinggo.

Di luar Jawa, stasiun yang melayani Rapid Antigen di antaranya Stasiun Medan, Rantauprapat, Tebing Tinggi, Kertapati,  Kotabumi, Baturaja, dan Martapura.

 Kereta Api Indonesia terus mengingatkan kepada pelanggan untuk terus melengkapi persyaratan naik KA di masa Nataru, salah satunya adalah Rapid Test Antigen bagi pelanggan diatas 12 tahun.

Pada periode 17 -29 Desember 2021, KAI telah menolak 22.576 pelanggan karena belum melengkapi persyaratan.

Rinciannya adalah 9.628 tidak PCR bagi yang berusia di bawah 12 tahun, 8.983 tidak Rapid Test Antigen, 3.864 tidak vaksin dosis kesatu atau kedua, 96 sakit, dan 5 tidak membawa masker.

"Dengan semakin terjangkaunya harga tersebut, diharapkan calon pelanggan dapat memanfaatkan layanan tersebut dalam melengkapi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," tutur Joni.

Hadirnya layanan Rapid Test Antigen di stasiun merupakan hasil Sinergi BUMN antara KAI dengan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo, Indofarma melalui anak usahanya yaitu Farmalab, serta pihak-pihak lainnya.

 Sementara itu, menjelang Libur Tahun Baru pada periode 30 Desember 2021 - 2 Januari 2022, KAI telah menjual 126.709 tiket KA Jarak Jauh.

Jumlah tersebut baru memenuhu 41% dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan sebanyak 309.294 tempat duduk.

Jumlah tersebut masih dapat terus bergerak dikarenakan penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini.

Rute yang menjadi favorit masyarakat pada periode libur tahun baru tersebut adalah KA Airlangga (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), dan KA Bengawan (Pasarsenen - Purwosari pp).

Juga, KA Jayabaya (Pasarsenen - Malang pp), KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp), dan KA Argo Lawu (Gambir - Solobalapan pp).

Sebagai informasi, jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api pada Libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu mencapai 565.414 orang.

Info selengkapnya terkait jadwal pelayanan tes Covid-19 di stasiun dan syarat naik KA di pasa Libur Nataru, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait