Tata Cara Umrah Jamaah Indonesia Berbeda di Era Pandemi, Seperti Apa?

Cahya Puteri Abdi Rabbi
5 Januari 2022, 17:53
umrah, arab saudi
ANTARA FOTO/Arief Chandra
Umat muslim memadati area sekitar Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (27/2/2020). Suasana di sekitar Masjidil Haram normal dan jamaah masih bisa menjalankan ibadah seperti biasa pasca pengumuman pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan sementara kedatangan warga dari luar negaranya terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) mengatakan, situasi di Arab Saudi saat ini kondusif dan mendekati normal. Pelaksanaan ibadah umrah juga sudah mulai dilaksanakan, dengan jamaah terbanyak berasal dari Kazakhtan dan Bangladesh.

Namun, tata cara dan persyaratan umrah akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya sejumlah pembatasan.

Advertisement

"Pemerintah Arab Saudi sudah sangat siap menerima jamaah umrah, bahkan sudah banyak hotel di sekitar Ka'bah fully booked," kata Sekretaris Jenderal Amphuri Rizky Sembada dalam sebuah webinar, Rabu (5/1).

Sebagai informasi, Amphuri bersama dengan beberapa asosiasi penyelenggara umrah dan haji memberangkatkan perwakilannya yang tergabung dalam tim advance ke Arab Saudi untuk melihat situasi di Arab Saudi, dan memastikan kesiapan penyelenggaraan ibadah umrah.

 Amphuri mengingatkan protokol kesehatan akan diterapkan dengan sangat ketat bagi jamaah umrah termasuk dari Indonesia.

Protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin dan ketat, di mana para jamaah diberikan gelang penanda khusus dan menggunakan aplikasi Tawakkalna. 

Namun, aplikasi Tawakkalna tidak menjadi mandatori seperti aplikasi PeduliLindungi.

Sebab, yang menjadi acuan otoritas adalah gelang khusus yang diberikan usai dari hotel. Gelang khusus tersebut merupakan akses untuk masuk ke Masjidil Haram, Ka'bah, pusat perbelanjaan atau hotel.

Selain itu, saf sholat di masjidil haram juga kembali diberi jarak 1,5 meter antar jamaah. 

Jamaah juga tidak diperbolehkan untuk berlama-lama di masjid. Namun, pemerintah Arab Saudi sudah mengizinkan city tour bagi para jamaah umrah.

"Insha Allah kita optimistis bisa segera membuat paket umrah baik untuk hotel bintang 3, 4 atau 5, dengan harga yang relatif murah dan hampir sama dengan umrah di era sebelum pandemi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement