Tambah Kapal dan Speedboat, KKP Perketat Pengawasan Perairan Indonesia

Cahya Puteri Abdi Rabbi
5 Januari 2022, 18:26
kapal, perairan, KKP
KKP
Petugas patroli pengawasan perairan Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat pengawasan terintegrasi di kawasan perairan Indonesia. 

Dalam program tersebut, pengawasan didorong bukan hanya pada aspek penindakan perikanan ilegal dan merusak, namun juga upaya penaatan pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin mengatakan, pihaknya beserta jajaran telah menyusun rencana pengawasan baik dari sisi pemantauan operasi armada, pengawasan pengelolaan sumber daya kelautan, pengawasan pengelolaan sumber daya perikanan, dan penanganan pelanggaran.

“Tahun ini perkuatan operasi kapal pengawas perikanan selain melalui dukungan patroli udara, kami juga membentuk Unit Reaksi Cepat PSDKP yang didukung dengan speedboat terbaru yang memiliki kecepatan mencapai 55 knot,” kata Adin dalam keterangan resminya, Rabu (5/1),

 Pada 2022 juga akan ada penambahan dua unit kapal pengawasan, tiga unit prasarana pengawasan, dan empat unit speedboat pengawasan yang akan dibangun untuk memperkuat pengawasan.

Hal tersebut merupakan bentuk komitmen agar pengawasan di laut semakin kuat. Selain itu, peran masyarakat akan diperkuat melalui pembinaan terhadap 1.100 kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa, selain praktik penangkapan ikan yang merusak, potensi pelanggaran pemanfaatan ruang laut juga menjadi fokus KKP saat ini.

 Begitu juga dengan kegiatan reklamasi, penggelaran kabel atau pipa bawah laut, jasa kelautan, serta pemanfaatan pulau-pulau kecil yang sekarang sedang marak baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Jadi selain pemberantasan destructive fishing, pemanfaatan ruang laut akan terus kami tertibkan. Terutama terkait kepatuhan terhadap dokumen persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut (PKKPRL) atau terhadap dokumen konfirmasi kesesuaian pemanfaatan ruang laut (KKPRL)," katanya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...