Polri Luncurkan Aplikasi Presisi Untuk Awasi Peserta Karantina PPLN

Image title
Oleh Maesaroh
6 Januari 2022, 18:42
aplikasi Presisi, Presisi, aplikasi, kepolisian, polri
Kemenko marvest
Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat meluncurkan aplikasi Presisi

Kepolisian Negara Republik Indonesia hari ini meluncurkan aplikasi Monitoring Karantina Presisi. Aplikasi tersebut akan digunakan untuk memperketat pengawasan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tengah menjalani masa karantina.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengawasan karantina bagi PPLN perlu dilakukan mengingat sebagian besar kasus Covid-19 Omicron ditemukan dari mereka yang baru bepergian dari luar negeri.

Advertisement

"Ini semoga bisa dipahami masyarakat, pendisiplinan dan pengaturan ini merupakan bagian dari upaya kita agar seluruh masyarakat kita dalam kondisi aman dari varian baru," tutur Listyo, saat konferensi pers, yang ditayangkan di twitter Kepolisian RI, Kamis (6/1).

Sebagai catatan,  hingga Rabu (5/1), Indonesia telah melaporkan kasus Omicron sebanyak 254 orang.

 Jumlah pelaku perjalanan luar negeri diperkirakan meningkat siginifikan dalam seminggu ke depan mengingat berakhirnya masa liburan.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, terdapat kurang lebih 100.000 pergerakan penumpang internasional pada periode 17 Desember 2021-2 Januari 2022.

Rinciannya adalah penumpang kedatangan sebanyak 48.962 penumpang dan keberangkatan sekitar 49.000 penumpang.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan Presisi membantu sekaligus sangat mendisiplinkan masyarakat.

"Hampir 90% penularan Omicron bersumber dari perjalanan luar negeri. Kita tidak perlu pananoid berlebihan tetapi kita harus tetap hati-hati," tutur Luhut, dalam keterangan resminya, Kamis (6/1).

 Menurut Listyo,  aplikasi Presisi memberi sejumlah manfaat antara lain memudahkan kepolisian memiliki database petugas yang berwenang melakukan monitoring per lokasi karantina.

Juga, memudahkan petugas di lapangan memiliki data update nama-nama dan data pelaku karantina yang harus dimonitor per lokasi karantina.

Sebagai informasi, aplikasi Presisi memiliki  fitur pendeteksi koordinat sebagai upaya mendisiplinkan pelaku karantina, terdapat dashboard di command center sebagai bentuk monitoring berjenjang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement