Luhut: Tanah Lempung Sebabkan Pembangunan Kereta Cepat Makin Rumit

Image title
Oleh Maesaroh
12 Januari 2022, 18:55
luhut, kereta, kereta cepat, kereta cepat Jakarta Bandung
ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan tinjau pengerjaan proyek kereta cepat di Purwakarta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau pengerjaan terowongan (Tunnel 2) Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (12/1).

Mantan Kepala Staf Kepresidenan tersebut semula mengkhawatirkan tekstur tanah sekitar Tunnel 2 yang sedikit lempung atau bertekstur tanah liat.

Dalam instagram pribadinya luhut.pandjaitan, dia menjelaskan Tunnel 2  merupakan terowongan yang  memiliki total panjang 1.052 meter.

Menurutnya, pembangunan Tunnel 2 adalah salah satu struktur konstruksi yang punya tantangan geografis cukup tinggi.

"Kesulitan pembangunan terowongan ini juga semakin kompleks karena berada di area “clay shale” ," tulis Luhut dalam instagramnya.

 Jenis tanah tersebut memiliki karakteristik yang sangat mudah melapuk apabila terkena air dan terekspos penggalian pada saat konstruksi.

"Belum lagi, terowongan 2 juga merupakan terowongan “single-hole double track” dengan kedalaman terkubur maksimum sedalam 53,6 meter," tambahnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut mengatakan pekerjaan pembangunan Tunnel 2 perlu dilakukan dengan kehati-hatian dan kecermatan yang tinggi.

"Pertimbangan berbagai faktor keselamatan perlu diperhatikan secara serius mengingat pembangunan semacam ini belum pernah dilakukan sepanjang negara ini berdiri, " ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...