Pemerintah Tegaskan Kenaikan Tarif KRL Belum Final, Masih dalam Kajian

Image title
Oleh Maesaroh
14 Januari 2022, 05:50
krl, penumpang krl, kereta, kereta api
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Calon penumpang menunggu commuter line di peron Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (5/1/2022). Memasuki masa PPKM Level 2, Stasiun Tanah Abang kembali dipadati penumpang saat jam pulang kerja.

Kementerian Perhubungan menegaskan hingga kini belum memutuskan untuk menaikkan tarif kereta rel listrik (KRL). Kenaikan tarif tersebut masih dalam pengkajian.

“Pemerintah masih mengkaji kapan waktu yang tepat untuk penyesuaian ini mempertimbangkan situasi yang ada," tutur Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam keterangan resmi, Kamis (13/1).

Namun, Adita membenarkan adanya wacana untuk menaikkan tarif KRL. Hal ini didasari oleh beberapa pertimbangan.

 Di antaranya adalah pelayanan yang diberikan pemerintah dengan pemberian subsidi atau pun pembangunan parasarana dan sarana kereta api sudah semakin baik.

"Misalnya, berkurangnya waktu tempuh dan waktu antrian masuk ke Stasiun Manggarai, yang sebelumnya memang cukup menghambat,"tutur Adita.

Pembangunan rel dwiganda, revitaliasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, Stasiun Bekasi, dan sebagainya juga telah memberi kemudahan, keamanan dan kenyamanan kepada konsumen KRL.

Langkah-langkah perbaikan terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia dalam lima tahun terakhir.

"Operator, dalam hal ini PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), juga melakukan peningkatan layanan yang tidak kalah bagus. Misalnya, system ticketing, pelayanan di stasiun dan juga di atas kereta,” tutur Adita.

 Dia juga mengingatkan bahwa pemerintah belum pernah melakukan penyesuaian tarif KRL sejak 2015 atau dalam enam tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...