Menag Tegaskan Pemerintah Tak Setop Umrah, Cuma Evaluasi Kebijakan OGP

Image title
Oleh Maesaroh
17 Januari 2022, 15:51
umrah, kementerian agama
Katadata
Jamaah umrah gelombang pertama yang diberangkatkan Indonesia

 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pemberangkatan jamaah umrah tetap berjalan. Pemerintah juga belum berencana menghentikan pemberangkatan jamaah umrah yang sudah dimulai sejak 8 Januari 2022.

Penegasan tersebut disampaikan Yaqut saat menggelar rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Penegasan tersebut sekaligus meluruskan kabar penghentian sementara pemberangkatan jamaah umrah yang berkembang di masyarakat.

Dia mengatakan yang dicabut adalah kebijakan satu pintu (One Gate Policy) atau OGP, bukan pemberangkatan umrah.
"Sebenarnya begini tidak ada  pemberhentian umrah.  Tetapi ada komunikasi publik yang salah tangkap. Bukan umrahnya yang diberhentikan tetapi One Gate Policy nya," tutur Yaqut, di DPR, Senin (17/1).

 Namun, Yaqut menambahkan setelah evaluasi, kebijakan One Gate Policy akan tetap dilakukan.

Kebijakan One Gate Policy  atau terpadu dalam satu pintu  dijalankan dengan hanya membuka keberangkatan umrah lewat Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kemenag menjelaskan skema satu pintu berlaku agar memudahkan pengawasan kesehatan, keamanan, dan keselamatan jemaah umrah yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut juga mengatur pemeriksaan kesehatan, tes PCR/SWAB, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian, karantina, hingga pengurusan dokumen lainnya secara terpusat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...