Berdampak ke PLN, Pemerintah Belum Terapkan Permen PLTS Atap

Image title
17 Januari 2022, 14:57
plts, listrik, pembangkit listrik
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.
Warga membersihkan semak belukar di Stasiun Panel Tenaga Surya, Dusun Tapian Nambar, Talawi Mudiak, Sawahlunto, Sumatera Barat, Rabu (1/12/2021). Stasiun panel tenaga surya bantuan PT Bukit Asam Tbk tersebut membantu mengairi 62 hektare sawah tadah hujan

Kementerian ESDM hingga kini masih menahan implementasi dari Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 26 Tahun 2021 Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap yang mengatur pemanfaatan PLTS atap di Indonesia.

Langkah tersebut diambil karena pemerintah masih menghitung seberapa besar pengaruhnya terhadap sistem yang ada di PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Direktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana mengatakan aturan ini secara legal telah ditetapkan pada 13 Agustus 2021 dan diundangkan pada 20 Agustus 2021.

Namun pihaknya masih perlu mendiskusikannya kembali dengan lintas Kementerian.

"Kita melalui kantor Setkab ini sedang mengkonfirmasi dari angka angka yang kita susun dari target, seperti apa pengaruhnya kepada sistem yang ada di PLN," kata Dadan dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja dan Rencana Kerja 2022 Subsektor EBTKE, Senin (17/1).

 Menurut Dadan, penyelesaiannya aturan Permen PLTS Atap masih menunggu Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Permen ini bisa dieksekusi.

"Sekarang kita tahan masih kita hold," ujarnya.

Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) sebelumnya mendorong agar Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mengatur pemanfaatan PLTS atap di Indonesia dapat segera jalan.

Pasalnya, aturan ini sudah dinantikan oleh para pengguna PLTS atap di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...