Kepastian Pasar-Aturan Jelas, Industri Tekstil Siap Investasi Jumbo

Andi M. Arief
18 Januari 2022, 14:21
tekstil, industri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Pengunjung melihat beberapa produk fesyen di ruangan Jakarta Fashion Hub, Senin (6/12/2021). Jakarta Fashion Hub merupakan ruang kolaboratif yang mempertemukan fesyen dan kreativitas yang diharapkan dapat menjadi platform bagi penggiat kreatif, termasuk tekstil

Industri tekstil akan kembali melakukan investasi jumbo pada tahun ini. Investasor dalam jumlah besar dilakukan karena pelaku industri telah mengamankan beberapa peraturan yang menjamin kepastian pasar domestik. 

Investasi besar utamanya akan dilakukan untuk memproduksi rayon dan polyster.

"Produksi hulu akan menambah investasi sebesar Rp 12 triliun untuk produksi rayon dan polyester," kata Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Elis Masitoh kepada Katadata, Selasa (18/1). 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat utilisasi industri tekstil nasional mencapai 69,4% sepanjang 2021 dengan hasil produksi 6,92 juta ton. Adapun, seluruh nilai produksi industri tekstil pada tahun lalu mencapai Rp 1.496,68 triliun. 

Industri tekstil adalah industri yang memproduksi bahan baku garmen, seperti serat, benang, dan kain. Adapun, polyester dan rayon merupakan dua jenis serat yang diproduksi di dalam negeri. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Wirawasta menyampaikan setidaknya sembilan pabrikan akan melakukan investasi pada awal 2022. 

 Namun demikian, Redma menilai investasi itu bukan disebabkan oleh peningkatan permintaan sepanjang 2022. 

"Safeguard dari pemerintah (untuk produk) benang, kain dan garmen, terus Peraturan Menteri Perdagangan No. 12-2020, Itu yang bikin (pelaku industri) confident  untuk investasi," kata Redma, pekan lalu. 

Menurutnya, krisis energi dan tingginya biaya pengapalan dapat dengan mudah diatasi oleh pelaku industri asal Negari Panda.

"Yang paling penting keberpihakan pemerintah," ucap Redma. 

 Sebelumnya, sembilan industri TPT telah melakukan investasi senilai Rp 10,5 triliun pada akhir 2021. Secara rinci, nilai investasi senilai Rp 2 triliun di Pulau Jawa dan Rp 8,5 triliun di Provinsi Riau. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...