ILO Ramal Angka Pengangguran RI Belum Akan Turun ke Level Pra-Pandemi

Abdul Azis Said
19 Januari 2022, 09:12
pengangguran, ILO, tenaga kerja
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Sejumlah karyawan berjalan keluar saat jam pulang kerja di salah satu pabrik di Kota Tangerang, Banten, Rabu (20/1/2021). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebutkan bahwa angka pengangguran di Indonesia meningkat sebanyak 2,6 juta orang menjadi 9,7 juta akibat pandemi COVID-19.

Organisasi Buruh Internasional (ILO) melaporkan pemulihan di pasar tenaga kerja Indonesia terus berlanjut. Namun, setidaknya hingga tahun depan, jumlah pengangguran di Indonesia masih banyak dan angkanya belum menurun  ke level sebelum pandemi.

Berdasarkan data World Employment and Social Outlook (WESO) edisi 2022 menunjukkan jumlah pengangguran di Indonesia tahun ini diperkirakan 6,1 juta orang, tidak berubah dari tahun lalu.

Jumlah orang yang tidak berkerja diperkirakan akan turun ke 5,8 juta orang di tahun depan. 

Jumlah pengangguran di Indonesia tahun ini diperkirakan masih 1,2 juta orang lebih banyak dibandingkan level sebelum pandemi atau pada tahun 2019. Jumlah pengangguran pada tahun tersebut sebanyak 4,9 juta orang.

 Jika melihat secara persentase, tingkat pengangguran di Indonesia juga belum menurun kembali ke level pandemi setidaknya hingga tahun depan.

Tingkat pengangguran tahun ini diperkirakan 4,4% dan menyusut ke 4,1% pada tahun 2023.

Namun tingkat pengangguran RI tahun ini masih 0,8 persen poin lebih tinggi dari level sebelum pandemi.

Tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia, yang merepresentasikan persentase jumlah orang dalam angkatan kerja dari total penduduk usia kerja, juga belum kembali ke level sebelum pandemi.

Tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia mulai naik sejak tahun lalu menjadi 59,3% tahun ini dan 59,4% pada tahun depan. Namun level tersebut masih di bawah tahun 2019 sebesar 60,5%.

 Tidak hanya di Indonesia, tingkat pengangguran di beberapa negara ASEAN juga masih belum pulih ke level pra-pandemi setidaknya hingga 2023.

Pengecualian terjadi di beberapa negara seperti Thailand dan Filipina.

Tingkat pengangguran Filipina tahun ini 2,3%, kemudian turun ke 2,2% pada tahun depan. Angka tersebut berada di level yang sama pada tahun 2019.

Tingkat pengangguran di Thailand juga diperkirakan kembali ke level sebelum pandemi pada tahun depan yakni ke 0,7%. Jumlah pengagguran pada tahun ini diperkirakan sebesar 1%.

Sementara itu, tingkat pengangguran di Vietnam tahun ini diperkirakan 2,3% dan turun ke 2,2% tahun depan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...