Pemerintah Kembali Buka Impor Gula, Bawang Putih, dan Daging Sapi

Bahan pangan impor akan sampai di Indonesia paling lambat akhir Januari ini.
Image title
19 Januari 2022, 08:10
impor, bawang putih, gula, sapi
pixabay.com
ilustrasi bawang putih

Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan izin impor untuk bawang putih, gula, dan daging sapi. Impor ketiga bahan pangan tersebut diharapkan bisa menekan harga di pasar domestik.

Menteri Perdagangan M.Lutfi mengatakan izin impor dikeluarkan agar Indonesia memiliki pasokan yang cukup. Dengan pasokan cukup tersebut, harga bisa ditekan.

"Gula impor, izinnya sudah saya keluarkan. Itu (membuat pasokan) akan jadi lebih dari cukup. Kalau terjadi kenaikan harga, kita punya stok yang cukup untuk kepentingan nasional," tutur Lutfi, dalam konferensi pers outlook 2022, Selasa (18/1).

Lutfi tidak menjelaskan berapa banyak kuota  gula impor yang akan telah dikeluarkan izinnya pada tahun ini. 

Advertisement

 Untuk impor daging sapi, Lutfi juga enggan menyebut berapa kuota daging sapi izin yang telah dikeluarkan. 

Mantan Duta Besar RI untuk Jepang tersebut hanya memastikan izin impor sapi sudah keluar.

"Begitu juga dengan sapi, saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya karena di internasional market harga lagi tight tapi saya bisa pastikan izin sudah keluar," kata Lutfi.

Untuk bawang putih, Lutfi mengingatkan bahwa impor diperlukan mengingat Indonesia masih mengimpor 95% kebutuhan bawang putihnya.

Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat tersebut menambahkan kuota impor bawang putih diperkirakan mencapai 500 ribu ton.

Pada tahun lalu, Kementerian Perdagangan memberikan izin kuota impor bawang putih sebanyak 600 ribu ton tetapi jumlah impor hanya mencapai 475 ribu ton.

"Biasanya kita mengimpor bawang sekitar 500 ribu ton dan itu sesuai yang sudah kita jalankan pertahunnya," ujarnya.

 Lutfi mengatakan beberapa komoditas yang izin impornya sudah dikeluarkan akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

"Beberapa barang yang sudah dikeluarkan izinnya sudah sampai di pelabuhan Indonesia minggu depan atau paling terlambat akhir Januari," ujarnya.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPN),  harga gula kualitas premium mulai merangkak naik dari sekitar Rp 15.200/kg pada Desember menjadi sekitar Rp 15.400/kg di Januari 2022.

Harga daging sapi dijual di kisaran Rp 125.500 di Januari tetapi melihat historisnya harga sapi bisa melonjak menjelang Ramadhan April mendatang.

Sementara itu, harga jual bawang putih masih stabil di angka Rp 30.250-30.500/kg di berbagai pasar Indonesia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait