WHO Ingatkan Tak Ada Bukti Anak dan Remaja Sehat Perlu Vaksin Booster

Rizky Alika
19 Januari 2022, 10:18
who, vaksin booster, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Mayela Lopez/WSJ/djo
Julian Parra, 11 menerima suntikan vaksin virus corona (COVID-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di San Jose, Kosta Rika, Selasa (11/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster tengah giat dilakukan sejumlah negara. Namun, Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan menyatakan, saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang sehat memerlukan vaksin virus corona dosis booster.

"Tidak ada bukti saat ini bahwa anak-anak yang sehat atau remaja membutuhkan booster. Tidak ada bukti sama sekali," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/1).

Ia mengatakan ada penurunan kekebalan vaksin dari waktu ke waktu terhadap penyebaran varian Omicron yang cepat. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan guna memastikan kelompok yang membutuhkan dosis booster.

Sebagai informasi, Israel telah menawarkan booster kepada anak-anak berusia 12 tahun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat juga telah mengizinkan penggunaan dosis ketiga vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

 Pekan lalu, Jerman menjadi negara terbaru yang merekomendasikan agar semua anak berusia 12 hingga 17 tahun menerima suntikan booster Covid-19. Hongaria juga telah melakukannya.

Swaminathan mengatakan, kelompok ahli WHO akan bertemu akhir pekan ini untuk membahas bagaimana negara harus mempertimbangkan pemberian booster kepada masyarakat mereka.

Ini dilakukan untuk melindungi kelompok yang paling rentan dan berisiko tinggi terkena penyakit parah dan sekarat.

"Mereka adalah populasi lanjut usia, orang-orang dengan gangguan kekebalan, juga petugas kesehatan," katanya.

 Di Indonesia, pemerintah telah memulai program vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster. Kementerian Kesehatan pun mencatat, 170 ribu orang sudah menerima suntikan penguat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...