Orang Terinfeksi Covid Lebih Kebal Delta Daripada yang Hanya Divaksin

Rizky Alika
20 Januari 2022, 10:29
covid, delta, covid-19, vaskin
123rf.com/Andrei Tronin
Ilustrasi vaksin Covid-19

Orang yang telah terinfeksi Covid-19 memiliki perlindungan yang lebih baik dari infeksi virus corona varian Delta, daripada mereka yang hanya divaksinasi.

Hal tersebut disampaikan pejabat kesehatan California dan New York. Dia mengatakan kekebalan alami memberikan perisai yang lebih kuat daripada vaksin.

Mengutip dari Reuters, Kamis (20/1), studi menemukan, perlindungan terhadap Delta merupakan antibodi yang tertinggi. Sementara, perlindungan terendah terjadi pada mereka yang tidak pernah terinfeksi atau divaksinasi.

Namun, Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyebutkan vaksinasi tetap menjadi strategi teraman melawan Covid-19.

"Bukti dalam laporan ini tidak mengubah rekomendasi vaksinasi kami," kata Pimpinan, Tim Pengawasan dan Analisis, Cabang Virus Pernafasan, Divisi Penyakit Virus CDC AS Ben Silk dalam jumpa pers.

 Pejabat kesehatan di California dan New York mengumpulkan data dari Mei hingga November 2021, termasuk periode ketika varian Delta dominan.

Data menunjukkan, vaksin corona menghasilkan perlindungan yang lebih baik ketimbang orang yang tertular varian sebelum ada Delta.

Namun saat Delta merebak pada musim panas dan musim gugur 2021, perlindungan orang yang terinfeksi Delta lebih tinggi dibandingkan mereka yang divaksin saja.

Meski begitu, pemerolehan kekebalan melalui infeksi alami dapat memberikan risiko yang signifikan. Pada 30 November 2021, sekitar 130.781 penduduk California dan New York meninggal karena virus corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...