RI - Singapura Uji Coba Travel Bubble Mulai Besok, Perdananya di Batam

Selain Batam, Bintan juga akan menerapkan travel bubble dengan Singapura. Kebijakan tersebut diharapkan bisa menggiatkan kembali dunia pariwisata Kepulauan Riau.
Image title
Oleh Maesaroh
23 Januari 2022, 11:42
travel bubble, wisata, Batam, Singapura
Kemenparekraf
Pelabuhan Bandar Bintan Telani, Kepulauan Riau

'Indonesia dan Singapura akan melakukan uji coba travel bubble mulai besok, Senin (24/1). Uji coba akan dilakukan di Batam dan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno setelah mengunjungi Batam dan Bintan, Jumat (21/1).

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga, dalam keterangan resmi, Sabtu (22/1).

Keputusan ini diambil setelah Menparekraf meninjau dua zona travel bubble di Kepri, yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

 Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

"Jadi kita mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol kesehatan. Termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," katanya.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan safe travel bubble tourism Kepri sudah disiapkan selama satu tahun lebih bersama pemerintah setempat.

"Saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura. Harapannya ini adalah tentunya kebangkitan dari ekonomi kita, terbukanya lapangan kerja,"tambahnya.

 Sandiaga meninjau persiapan pelaksanaan travel bubble dengan mengunjungi Pelabuhan Nongsapura di Batam dan Pelabuhan Bandar Bintan Telani,  Bintan, Kepulauan Riau.

Dua area itu akan menjadi zona travel bubble di Kepulauan Riau.

Saat mengunungi Bandar Bintan Telani, Sandiaga mengajak UMKM lokal untuk memasarkan produknya di kawasan Bandar Bintan Telani.

"Produk-produk dari Desa Wisata Ekang Anculai bisa dipajang di sini. Karena desa itu ada di luar bubble kita, tapi produk-produk ekonomi kreatifnya bisa ditawarkan kepada para wisatawan supaya bisa membangkitkan lapangan kerja," ujar Sandiaga.

Travel bubble adalah kesepakatan dengan negara lain untuk membuka akses masuk untuk turis agar timbul gelembung atau koridor perjalanan.

Rencana ini dilakukan untuk memudahkan perjalanan wisatawan untuk keluar masuk Indonesia termasuk dari Singapura yang selama ini menjadi negara penyumbang jumlah wisman terbesar ke Indonesia.

 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait