RI - Singapura Uji Coba Travel Bubble Mulai Besok, Perdananya di Batam

Image title
Oleh Maesaroh
23 Januari 2022, 11:42
travel bubble, wisata, Batam, Singapura
Kemenparekraf
Pelabuhan Bandar Bintan Telani, Kepulauan Riau

'Indonesia dan Singapura akan melakukan uji coba travel bubble mulai besok, Senin (24/1). Uji coba akan dilakukan di Batam dan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno setelah mengunjungi Batam dan Bintan, Jumat (21/1).

"Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan," kata Sandiaga, dalam keterangan resmi, Sabtu (22/1).

Keputusan ini diambil setelah Menparekraf meninjau dua zona travel bubble di Kepri, yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

 Nantinya, skema perjalanan travel bubble ini akan dicantumkan di dalam Surat Edaran yang akan dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

"Jadi kita mohon dukungan masyarakat dan industri pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol kesehatan. Termasuk integrasi dengan PeduliLindungi," katanya.

Menurut Sandiaga, wisatawan mancanegara asal Singapura memiliki prospek yang sangat strategis dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan safe travel bubble tourism Kepri sudah disiapkan selama satu tahun lebih bersama pemerintah setempat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...