Dukung G20, Kemenparekraf Ajak Emirates, Qatar Airways Terbang ke Bali

Andi M. Arief
24 Januari 2022, 18:41
KTT G2o, G20 Bali, G20 Bali Summit, Katadata G20, Bali
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Penumpang pesawat berjalan di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (24/12/2021).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) sedang membahas kerja sama dengan beberapa maskapai untuk menghadirkan penerbangan langsung ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Langkah ini diambil untuk menyukseskan rangkaian acara G20.

Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan beberapa negara telah berdiskusi terkait penerbitan rute langsung menuju Bali.

Advertisement

Beberapa negara yang dimaksud adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Jepang, India, Australia, Singapura, dan Turki. 

"Tentunya Australia menjadi pilihan yang paling realistis karena banyak sekali keinginan wisawatan Australia, tapi (kami) tetap menunggu kesiapan Australia," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1). 

Beberapa maskapai yang disebut Sandiaga untuk melayani penerbangan langsung ke Bali itu tersebut adalah Emirates Airlines Ltd, Qatar Airways, dan PT Garuda Indonesia Tbk. 

Sandiaga mengatakan pihaknya kini menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait persetujuan penerbitan rute langsung yang akan dipakai maskapai tersebut. 

Sejauh ini, Sandiaga menyampaikan Garuda Indonesia akan membantu program Travel Bubble di Kepulauan Riau untuk wisatawan asing berdomisili Singapura.

Adapun, Garuda dikabarkan akan dibantu satu maskapai dalam negeri dalam program itu. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement