Tol Cileunyi - Pamulihan Resmi Beroperasi, Gratis Sampai 8 Februari

Andi M. Arief
25 Januari 2022, 12:17
tol, jalan tol, tol cisumdawu,
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Foto udara simpang susun Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan konstruksi Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) rampung pertengahan tahun 2022. Sejauh ini, konstruksi seksi 1 tol tersebut, Cileunyi-Pamulihan, telah rampung dan telah beroperasi per  Senin (24/1). 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan via Jalan Raya Bandung - Cirebon memangkas perjalanan menjadi sekitar 15 menit dari sebelumnya 60  menit. 

Konstruksi Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan telah dilakukan Uji Laik Fungsi pada 17-18 Januari 2022.

"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh," kata Danang Parkesit, dalam keterangan resmi, Selasa (25/1).

 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berujar Tol Cisumdawu Seksi 1 akan beroperasi tanpa tarif di awal operasionalnya. Kebijakan ini akan berlaku selama dua minggu atau hingga 8 Februari 2022. 

Ridwan menilai Tol Cisumdawu akan mempercepat pergerakan arus barang dan jasa dari Jawa Barat wilayah selatan menuju utara atau sebaliknya.

"Jadi Saya sangat optimis tahun 2022 ini ekonomi akan bangkit salah satunya dengan dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 1," kata Ridwan. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu dinilai penting untuk menghubungkan beberapa kawasan industri dengan infrastruktur perhubungan di Jawa Barat, seperti Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

Adapun, beberapa kawasan industri yang dimaksud adalah Kawasan Ciayu dan Kawasan Rebana. 

"Saya apresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Ditjen Bina Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam rangka percepatan penyelesaian Tol Cisumdawu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (25/1).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...