RI Dorong Keuangan Berkelanjutan yang Mudah dan Terjangkau di SFWG G20

Image title
Oleh Maesaroh
26 Januari 2022, 12:31
G20, KTT G20, G20 Bali Summit, KTT G20 Bali, KatadataG20, keuangan
Kementerian Keuangan
Sustainable Finance Working Group (SFWG)

Pertemuan pertama Sustainable Finance Working Group (SFWG) dalam rangkaian KTT G20 telah digelar pada Selasa (25/1).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia mendorong terciptanya instrumen keuangan berkelanjutan yang lebih mudah diakses dan terjangkau dalam upaya mencapai target Perjanjian Paris dan Agenda 2030.

Termasuk di dalamnya adalah akses ke pasar keuangan berkelanjutan global dan mekanisme pengurangan risiko instrumen keuangan berkelanjutan.

Indonesia juga menekankan pentingnya mengatasi kesenjangan pengetahuan terkait instrumen keuangan berkelanjutan khususnya bagi pemangku kepentingan di negara berkembang dan Usaha Kecil Menengah.

 Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Dian Lestari mengatakan penting untuk menciptakan lingkungan yang  membantu pasar keuangan dalam memenuhi target Perjanjian Paris dan Agenda 2030.

Paris Agreement merupakan komitmen bersama untuk menahan laju kenaikan suhu rata-rata global di bawah 2 derajat celcius serta membatasi maksimal kenaikan suhu hingga 1,5 derajat celcius.

Dia juga mengatakan pentingnya diskusi  atas kebijakan publik yang mendorong pembiayaan dan investasi krusial dalam mendukung transisi yang adil dan terjangkau.

Sebagai informasi, Indonesia tengah memegang Presidensi G20 hingga November mendatang. Transisi energi dan upaya peningkatan pembiayaan untuk investasi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan menjadi salah satu fokus Presidensi G20.

Indonesia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dengan usaha sendiri, dan 41% dengan dukungan internasional

 Semakin meningkatnya instrumen keuangan berkelanjutan yang lebih mudah diakses menjadi salah satu dari tiga topik pembahasan utama dalam pertemuan SFWG G20.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...