Ditutup Hari Ini, Bandara Halim Bersolek demi Kenyamanan Tamu G20

Andi M. Arief
26 Januari 2022, 16:47
Bandara, Bandara Halim Perdanakusuma, Kemenhub, infrastruktur, G20, KTT G20, KTT G20 Bali, KTT G20 Bali Summit, KatadataG20
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Petugas berjalan di depan pintu keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Kementerian Perhubungan menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma mulai hari ini selama 3,5 bulan

Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta mulai ditutup pada hari ini, Rabu (26/1) untuk proses revitalisasi. Revitalisasi dilakukan mulai runway sampai ruang VIP bandara untuk meningkatkan aspek keselamatan dan kenyamanan tamu negara yang hadir dalam rangkaian pertemuan G20.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan revitalisasi bandara  penting untuk menjamin keselamatan tamu negara pada KTT G20. Terlebih, kemungkinan ada sejumlah pemimpin negara yang akan datang ke Indonesia dalam rangkaian KTT G20.

"Dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan penerbangan dan meningkatkan kenyamanan tamu-tamu negara, Pak Presiden menugaskan revitalisasi  bandara Halim," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (26/1). 

 Revitalisasi Bandara Halim termasuk perbaikan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway) dan peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratema dan Naratama.

Renovasi juga termasuk perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut juga mengatakan 40% dari total panjang landasan sudah harus direnovasi. Renovasi runway diperkirakan membutuhkan waktu 3-4 bulan.

"(Selain itu,) tata letaknya (drainase) tidak baik, sehingga kami koordinasi dengan Kementerian PUPR (dalam revitalisasi bandara itu)," tuturnya.

 Dia menambahkan pihaknya juga berkoordinasi dengan TNI, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pertahanan dalam menutup akses sementara ke Bandara Halim.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...