Konstruksi Beres, Tol Pamulang-Cinere Bersiap Lakukan Uji Laik Fungsi

PT Jasa Marga Tbk menargetkan Uji Laik Fungsi pada Tol Pamulang-Cinere bisa dilakukan pada kuartal I tahun ini
Image title
27 Januari 2022, 11:55
tol, jalan tol
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Pengendara motor melintas di ruas jalan Tol Serpong-Cinere di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (17/2/2021).

 PT Jasa Marga Tbk menargetkan Uji Laik Fungsi (ULF) pada Tol Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 kilometer (Km) bisa dilakukan pada kuartal I tahun ini. Tol tersebut diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Tol Sedyatmo saat menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Konstruksi Tol Pamulang-Cinere telah rampung pada November 2021.

Namun demikian, pengoperasian ruas ini masih menunggu penyelesaian konstruksi ruas Limo-Kukusan yang tergabung dalam Tol Cinere-Jagorawi. 

"Kami berharap ULF bisa dilaksanakan di Triwulan I Tahun 2022 untuk memastikan kelayakan jalan tol mulai dari pemeriksaan sarana dan prasarana, marka jalan, hingga operasionalnya," kata Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani dalam keterangan resmi, Kamis (27/1). 

Advertisement

Tol Pamulang-Cinere  yang membentang di Provinsi Banten dan Jawa Barat merupakan bagian dari Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 Km.

Sementara itu, Tol Serpong-Cinere tergabung pada jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menghubungkan Cibitung hingga Cengkareng. 

PT Cinere Serpong Jaya merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengoperasikan Tol Serpong-Cinere. Jasa Marga memiliki saham sebanyak 55% pada CSJ. 

Sebagai informasi, ULF dilaksanakan untuk memastikan semua persyaratan teknis dan kelengkapan jalan sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Kegiatan ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan hingga pihak Kepolisian melalui Korlantas Polri.

 

Pengoperasian Tol Pamulang-Cinere menandakan tersambungnya seluruh jaringan Tol JORR II sepanjang 110,11 Km.

Seperti diketahui, JORR II terdiri dari 6 jalan tol, yakni Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,18 Km), dan Tol Kunciran-Serpong (11,4 km).

Juga, Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 km)  

Mirza menjelaskan penundaan pengoperasian itu disebabkan ruas Pamulang-Cinere akan terhubung langsung dengan Ruas Cinere-Limo pada KM 35+250.

Setelah tersambung, akses keluar dari ruas Pamulang-Cinere adalah Gerbang Tol (GT) Limo. 

 Selain itu, angka lalu lintas harian rata-rata (LHR) Tol Pamulang-Cinere diramalkan akan meningkat.

Pasalnya, tol ini akan menghubungkan arus kendaraan lebih singkat dari Ciawi, Bogor, Depok, dan Jakarta Selatan menuju Serpong hingga Bandara Soekarno Hatta yang sebelumnya terputus.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan Tol Pamulang-Cinere akan menambah akses alternatif pengguna jalan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun, ruas alternatif lainnya adalah Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Serpong-Cinere. 

“Pengguna jalan tol dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat mengakses Gerbang Tol Benda Utama yang jaraknya dengan bandara kurang dari 10 menit," kata Dwimawan. 

Seperti diketahui, Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua bagian, yakni Seksi I Ruas Serpong-Pamulang (6,5 Km) dan Seksi II Ruas Pamulang Cinere (3,64 Km).

BPJT mendata tol ini telah menelan investasi senilai Rp 2,22 triliun. 

Sementara itu, total biaya konstruksi yang dikeluarkan sekitar Rp 880 miliar. Adapun, biaya pembebasan tanah tol sepanjang 10,14 Km ini sekitar Rp 710 miliar. 

 

 

 

 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait