Pembangunan Transportasi Ibu Kota Baru Habiskan Ongkos Rp 582 Miliar

Image title
Oleh Maesaroh
28 Januari 2022, 06:05
IKN, ibu kota, ibu kota baru, transportasi
Sekretariat Presiden/Youtube
Ilustrasi sistem transportasi di ibu kota negara baru

Sistem transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan dibangun dengan pendekatan smart, ramah lingkungan, dan terintegrasi. Kebutuhan dana untuk membangun sistem transportasi tersebut mencapai Rp 582,6 miliar hanya untuk tahun 2022.

“Total kebutuhan pendanaannya mencapai Rp 582, 6 Miliar untuk tahun 2022,” tutur Menteri Perhubungan, dalam keterangan resmi, Kamis (27/1).

Dia menjelaskan pihaknya telah menyampaikan kebutuhan penambahan anggaran untuk persiapan dan pembangunan sektor transportasi IKN tahun 2022 tersebut kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas. 

 Dengan terbatasnya ruang fiskal pendanaan oleh APBN, Budi Karya mengatakan pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta/badan usaha dan masyarakat, untuk turut berperan membangun sektor transportasi IKN.

Keterlibatan swasta bisa dilakukan melalui skema Pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol tersebut sistem transportasi IKN akan menggunakan konsep smart city seperti yang pernah disampaikan Presiden Joko Widodo.

“Untuk mendukung pembangunan di kawasan IKN, kami telah siapkan konsep Smart City, Smart Mobility,” tutur Budi Karya.

Pertengahan Januari lalu, Presiden Jokowi mengatakan ibu kota baru diharapkan bisa menjadi kota pintar yang kompetitif di tingkat global. 

Selain itu, ibu kota itu diharapkan menjadi lokomotif baru untuk transformasi negara, termasuk dalam mendukung Indonesia yang berbasis inovasi, tekonologi, dan ekonomi hijau.

 Budi Karya mengatakan penyiapan transportasi sangat penting dalam mendukung kelancaran aksesibilitas dan mobilitas manusia maupun barang di IKN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...