Proyek Bendungan Meninting Lombok Rp1,36 Triliun Akan Rampung 2023

Andi M. Arief
9 Februari 2022, 10:43
Bendungan, NTB, Bendungan Meninting
Kementerian PUPR
Bendungan Meninting di NTB

 Pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditargetkan selesai tahun depan.  Proyek tersebut menghabiskan anggaran Rp 1,36 triliun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan konstruksi Bendungan Meninting kini dalam tahap akhir. Bendungan tersebut  diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan dan penyedia air di Kawasan Timur Indonesia.

"Berdasarkan data hingga November 2021, progres keseluruhan pembangunan Bendungan Meninting sebesar 23,14% dengan target rampung tahun 2023," kata Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Kementerian PUPR Hendra Ahyadi dalam keterangan resmi, Selasa (8/2). 

Pembangunan Bendungan Meninting dilakukan oleh dua kerja sama operasi (KSO), yakni antara PT Hutama Karya dengan PT Bahagia Bangunnusa dan PT Nindya Karya-PT. Sac Nusantara.

Pembangunan bendungan berkapasitas tampung 12 juta meter kubik tersebut terbagi menjadi dua paket konstruksi.

Paket 1 yang terdiri dari persiapan konstruksi, pembangunan jalan masuk, pembangunan utama, dan pekerjaan pendukung menelan biaya Rp 875,25 miliar.

Sementara itu, pekerjaan konstruksi Paket 2 terdiri dari konstruksi jalan relokasi, bangunan pengelak, bangunan pelimpah, dan bangunan fasilitas senilai Rp 481,33 miliar. 

 Bendungan Meninting dirancang untuk mengairi lahan pertanian seluas 1.559,29 hektare.

Selain itu, bendungan ini diharapkan bisa memasok air baku untuk Kabupaten Lombok Barat bagian Utara sebesar 150 liter per detik (lpd) khusunya di wilayah Senggigi.

Bendungan Meninting juga akan mendukung penambahan air ke daerah lain, terutama ke daerah Lombok Selatan. Pasalnya, Lombok Selatan memiliki potensi lahan untuk areal pertanian lebih besar. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...