Kemenhub Bangun 170 Km Rel Kereta Tahun Ini, Termasuk Bogor-Sukabumi

Andi M. Arief
9 Februari 2022, 14:11
kereta, kereta api,
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pekerja menggunakan alat berat untuk menyelesaikan proyek jalur kereta api ganda Kiaracondong-Cicalengka, di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/2/2021). Proyek jalur kereta api ganda Kiaracondong-Cicalengka dengan panjang 22,15 kilometer tersebutditargetkan akan dapat digunakan pada awal 2023

 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun 169,5 kilometer (Km)  lintasan kereta api yang tersebar di 10 daerah. Pada saat yang sama, pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas  rel kereta di sembilan daerah. 

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memiliki total anggaran Rp 6,78 triliun untuk Tahun Anggaran (TA) 2022. Adapun, pembangunan maupun peningkatan kapasitas rel kereta api dikategorikan sebagai belanja barang dengan anggaran senilai Rp 1,71 triliun. 

"Upaya percepatan penyerapan anggaran (dilakukan dengan) mempercepat pelaksanaan program dengan berkoordinasi dengan stakeholder," kata Direktur Jenderal KA Zulfikri dala rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Rabu (9/2). 

 Secara rinci, berikut prioritas pembangunan jalur kereta api pada tahun ini:
1. Jlalur Krueng Geukueh di Aceh
2. Jalan Kereta Api  Layang Medan-Binjai di Sumatera Utara
3. Jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka segmen Gedebage-Haurpugur di Jawa Barat
4. Jalur ganda Bogor-Sukabumi di Jawa Barat
5. Jalan Kereta Api Layang Solo Balapan-Kadipiro tahap I
6. Elektrifikasi Kereta Api Solo Balapan- Solo Jebres di Jawa Tengah
7. Reaktivasi Semarang Tawang- Tanjung Mas di Jawa Tengah
8. Jalur ganda Mojokerto-Sepanjang di Jawa Timur
9. Jalan Kereta Api lintas Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan

 Dari seluruh target itu, DJKA memiliki tiga proyek besar, yakni Kereta Api Makassar-Parepare, Kereta Api Kecepatan Tinggi Pulau Jawa Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung, dan sistem angkutan umum masal perkotaan di 6 wilayah. 

Pembangunan rel kereta api pada tahun ini secara umum masih didominasi di Pulau Jawa, lalu diikuti oleh Pulau Sumatera dan Pulau Sulawesi. Adapun, rel terpanjang yang akan selesai dibangun pada tahun ini adalah (KA) lintas Makassar-Pare-Pare 

1. Kereta Makassar-Parepare
Pada tahun ini yang akan dibangun adalah kereta api lintas Makassar-Pare-Pare tahap I Marros-Barru atau segmen B-D sepanjang 59,6 Km.

Pada saat yang sama, Kemenhub juga akan melanjutkan pembangunan Jalur Siding KA Mangilu-Tonasa pada 2022.

Adapun, saat ini konstruksi Segmen B dan C KA Makassar-Parepare telah rampung, sedangkan proses pekerjaan di Segmen D telah berada di kisaran 91%. 

Uji coba operasional KA Makasar-Parepare dijadwalkan  pada Agustus-September 2022. Kereta ini akan digunakan untuk mengangkut barang dan penumpang dengan rute Stasiun Marros-Stasiun Barru-Stasiun Garongkong.

Berdasarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), nilai belanja modal proyek ini adalah Rp 1,01 triliun, sementara itu nilai akumulatif belanja operasional mencapai Rp 1,9 triliun. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...