Tiga Maskapai Asing Terbang ke Bali Maret, Mendarat 10 Kali per Minggu

Andi M. Arief
22 Februari 2022, 06:26
Bali, turis, maskapai penerbangan
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Penumpang pesawat maskapai penerbangan Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ938 dari Singapura tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (16/2/2022). Bandara Bali kembali melayani penerbangan reguler perdana rute Singapura-Bali-Singapura

Setelah Singapore Airlines, tiga maskapai penerbangan asing akan kembali terbang ke Bali bulan depan. Kedatangan tiga maskapai tersebut diharapkan semakin menghidupkan pariwisata Pulau Dewata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga S Uno mengatakan tiga maskapai penerbangan yang akan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, bulan depan adalah KLM Royal Dutch Airlines, Scoot Tiger Air, dan Jetstar Airways.

Ketiga maskapai tersebut rencananya akan terbang ke Bali sebanyak 10 kali seminggu. Dengan kapasitas  yang dimiliki, mereka diharapkan mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan turis ke Bali tiap minggunya.

Dalam catatan PT Angkasa Pura I, sejak kembali beroperasinya penerbangan internasional oleh maskapai Garuda Indonesia & Singapore Airlines  (1-18 Februari 2022), trafik penumpang penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 639 penumpang.

"Ini berita-berita baik (yang) menunjukkan kebangkitan ekonomi kita, kepulihan sektor pariwisata,dan trafik di Bandara I Gusti Ngurah Rai," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin petang (21/2). 

 Secara rinci KLM Royal Dutch akan melakukan empat penerbangan dalam seminggu dengan rute Singapura-Denpasar. Maskapai asal Belanda ini akan menerbangkan Boeing 777 berkapasitas 408 penumpang. 

Sementara itu, Scoot Tiger Air memiliki dengan rute Singapura-Denpasar akan melakukan penerbangan tiga kali seminggu. Pesawat yang diterbangkan adalah Airbus 320 berkapasitas 108 penumpang. 

Terakhir Jet Star akan menerbangkan pesawat dengan kapasitas 108 penumpang sebanyak tiga kali seminggu. Rute penerbangan yang diambil adalah Singapura-Denpasar. 

Selain itu, Jet Star juga memiliki rute dua rute langsung ke Bali lain yakni Sidney-Denpasar dan Melbourne-Denpasar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...