Ibu Kota Baru Akan Punya Bandara, Selesai Dibangun pada 2024

Image title
Oleh Maesaroh
22 Februari 2022, 09:59
ibu kota, IKN, bandara
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (21/2), meninjau lokasi calon Bandara Baru Penunjang Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pemerintah akan membangun bandar udara (bandara) baru di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasi calon bandara ada di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (21/2), meninjau lokasi calon bandara tersebut. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut meninjau lokasi langsung dengan menggunakan helikopter.

Dia menjelaskan Kementerian Perhubungan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.
“Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN,” kata Budi Karya, dalam siaran pers, Senin (22/2).

 Bandara baru ini nantinya memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777.

Budi Karya optimistis jika bandara baru tersebut bisa diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

“Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, itu bisa dilaksanakan,” tuturnya.

Dia menambahkan Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait kolaborasi penggunaan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

bandara
Menhub Budi Karya saat meninjau calon lokasi bandara Ibu Kota Negara (Kementerian Perhubungan)



Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...