Tarif Hotel di Mandalika Diatur Jelang MotoGP, Maksimal Naik 3 Kali

Image title
Oleh Maesaroh
23 Februari 2022, 08:17
motogp, hotel, , NTB
Kemenparekraf
Sirkuit Mandalika, NTB

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengeluarkan regulasi mengenai tarif hotel maupun penginapan sekitar sirkuit Mandalika, NTB,  yang mengatur batas atas tarif hotel maupun penginapan menjelang penyelenggaraan MotoGP 18-20 Maret mendatang.

Peraturan Gubernur NTB Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi tersebut diterbitkan untuk mengantisipasi adanya penyelenggara usaha akomodasi yang mengeluarkan tarif terlampau mahal.

"Jangan ugal-ugalan dan aji mumpung karna kita akan untung sekarang tapi akan rugi dalam jangka panjang. Orang akan Kapok datang ke tempat kita kalau aji mumpung naikan harga hotel dan penginapan seenaknya," tutur Zulkieflimansyah, dilansir dari laman resmi Pemerintah Daerah NTB, Selasa (22/2).

 Dalam Pergub tersebut dijelaskan penyedia akomodasi diperkenankan menaikan harga dengan batas yang sudah diatur. Harga yang diberikan haru sesuai zona lokasi event berlangsung.

Tarif hotel diatur sebagai berikut:
1. Maksimal kenaikan tarif kamar tiga kali lipat untuk hotel/penginapan yang berlokasi lebih dekat dari event
2. Maksimal kenaikan dua kali lipat untuk hotel/penginapan yang berada di zona yang lebih luar event
3. Maksimak kenaikan sekali untuk hotel/penginapan yang berada di zona terjauh dari area event

 Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi, dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat (18/2/2022) menambahkan, kenaikan harga tersebut juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan, pengembangan atraksi, dan wisata.

Khusus bagi agen travel, dizinkan menjual tiket maupun penginapan dengan sistem bundling dengan catatan tidak menjual dengan harga mahal.

Masalah tarif harga sewa transportasi juga akan disiapkan regulasi.

Penelusuran Katadata melalui Tiket.com dan Traveloka, hampir seluruh hotel di kawasan Mandalika sudah habis dipesan untuk tanggal 18-20 Maret 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...