Rusia Serang Ukraina, Indonesia Siapkan Evakuasi untuk WNI

Image title
Oleh Maesaroh
24 Februari 2022, 15:13
rusia, Ukraina, WNI
ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas/WSJ/djo
Aktivis membawa spanduk di ddepan Kementrian Luar Negeri Ukraina menuntut Uni Eropa untuk meningkatkan sanksi tambahan terhadap Rusia, di pusat kota Kyiv, Ukraina, Senin (21/2/2022).

Pemerintah menyiapkan langkah kontijensi untuk menjamin keselamatan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina menyusul serangan Rusia ke negara tersebut. Termasuk didalamnya adalah menyiapkan evakuasi jika kondisi semakin memburuk.

Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan jumkah WNI yang tinggal di Rusia sebanyak 138 orang, di mana sebagian besar berada di ibu kota Ukraina, Kiev.

Terdapat juga 11 WNI yang tinggal di Ukraina bagian timur. Sebagian besar  WNI yang berada di Ukraina bekerja di sektor manufaktur dan hospitality.

 "Kami mendapat informasi WNI masih dalam kondisi aman, mereka tenang. Sesuai rencana kontigensi WNI kita diminta berkumpul ke KBRI Kiev," tutur Judha, dalam media briefing, Kamis (24/2).

 Judha juga menambahkan KBRI di Kiev telah bekerja sama dengan beberapa perwakilan Indonesia di wilayah terdekat untuk menyusun rencana perlindungan WNI, termasuk dengan KBRI Warsawa di Polandia, Moskow di Rusia, dan Bukares di Rumania

"Kita sudah mampu menjalin komunikasi dengan mereka, minta mereka mendekat, berkumpul ke KBRI Kiev. Yang kesulitan (mendekat) diminta menghubungi nomor hotline," tutur Judha.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...