Melalui Perjuangan Puluhan Jam, 99 WNI Dievakuasi Keluar dari Ukraina

Image title
Oleh Maesaroh
1 Maret 2022, 13:48
ukraina, WNI, Rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/AWW/dj
Thomas Peter Warga yang menyelamatkan diri memadati terowongan stasiun kereta Lviv untuk naik kereta menuju Polandia, ditengah berlanjutnya invasi Rusia terhadap Ukraina, di Lviv, Ukraina, Senin (28/2/2022).

Sebanyak 99 Warga Negara Indonesia (WNI) dipastikan sudah dievakuasi keluar dari Ukraina. Mereka sudah berada di tempat aman dan tengah menunggu penerbangan untuk kembali ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan lima dari 99 WNI yang sudah keluar dari Ukraina melakukan evakuasi mandiri sementara sisanya dievakuasi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Mereka sudah berada di dua titik aman, yaitu di Bucharest di Rumania dan di Rzeszow di Polandia.

Masih terdapat empat WNI di Kharkiv dan sembilan di Chernihiv, di sebelah utara Ukraina."Mereka belum dapat dievakuasi mengingat pertempuran darat masih terus terjadi. KBRI Kiev dan KBRI Moskow terus melakukan kontak dengan mereka," tutur Retno dalam media briefing, Selasa (1/3).

Dia memastikan mereka dalam kondisi sehat dan memiliki pasokan logistik yang cukup. Pemerintah masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi mereka.

Retno juga menambahkan masih terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga, mereka menikah dengan warga Ukraina.

Mantan Duta Besar RI untuk Norwegia tersebut menjelaslan proses evakuasi dilakukan melalui empat tahap:

1. WNI di Odessa
Sebanyak 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bucharest pada Minggu (27/2) pukul 16.30 waktu Bucharest. WNI yang dievakuasi semuanya perempuan, dan satu anak berumur sekitar 12 tahun.

Tim evakuasi Kemenlu bergerak dari Tulcea, perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu (26/2) pukul 06.00 pagi dan akhirnya tiba kembali di Bucharest pada Minggu (27/2) pukul 16.30 waktu setempat.

Lama perjalanan secara total yang ditempuh tim evakuasi sekitar 35 jam dengan menggunakan bis.
Di waktu normal, lama perjalanan tidak lebih dari 10 jam.

Tim evakuasi juga melewati lima kali pemeriksaan dan titik cek di wilayah Ukraina. Di perbatasan terjadi antrian mobil lebih dari 10 km.

Dari pantauan, mobil yang antri telah berada di perbatasan selama dua hari. "Ahamdullilah, evakuasi bisa menembus antrian sekitar 4.5 jam. Satu orang WNI tested positive dan sudah mendapatkan penanganan,"tutur Retno.

 2. WNI Lviv
Enam orang WNI dan satu WNA yaitu suami dari WNI pada Minggu (27/2) telah berhasil diseberangkan, dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia. Mereka terdiri dari dua perempuan dewasa, tiga anak-anak dan satu bayi.

Tim KBRI Warsawa berangkat dari safe house di Rzeszow pada pukul 07.30 pagi dan dapat tiba kembali dengan para pengevakuasi WNI sekitar jam 20.45 malam hari.

Sebagaimana jalur perbatasan Rumania, jalur inipun mengalami antrian yang sangat panjang, yaitu hingga 30 km khususnya di daerah perbatasan.

Rute evakuasi WNI di Ukraina
Rute evakuasi WNI di Ukraina (Kementerian luar negeri)



3. WNI dari Mc D Ternopil, Lviv

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...