Kemendikbudristek-INKA Buat 9 Bus Listrik, Akan Digunakan Saat KTT G20

Image title
Oleh Maesaroh
1 Maret 2022, 17:00
bus listrik, INKA< G20, G20 Bali, KTT G20, KTT G20 Bali, G20 Bali Summit, KatadataG20
Katadata/Ameidyo Daud Nasution
Venue G20 di Nusa Dua, Bali

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan PT INKA menargetkan untuk membuat sembilan Bus Listrik Merah Putih (BLMP). Bus tersebut akan digunakan pada pelaksanaan KTT G20 pada Oktober mendatang.

Dikutip dari Antara, kerja sama pengembangan bus listrik tersebut melibatkan Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga, dan ISI Denpasar.

“Kami menargetkan sembilan BLMP tersebut dapat digunakan pada pelaksanaan KTT G20. Proses pembuatan ini melibatkan perguruan tinggi dan PT INKA,” ujar Ketua Percepatan BLMP, Edi Winarno dikutip dari Antara, Selasa (1/3).

 Kerja sama di antaranya dalam pembuatan komponen bus listrik mulai dari Smart Main Indicator Dispaly, Body, maupun Monocoque Chasis, Electric Powertrain , pembuatan stasiun pengisian ulang baterai, dan baterai.

Para dosen dan mahasiswa turut dilibatkan dalam proses riset dan pengembangan bus listrik tersebut melalui program sabatikal dosen di industri dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Para mahasiswa akan melakukan magang bersertifikat di PT INKA selama satu semester.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...