Jasa Marga Targetkan Tol Japek Selatan Seksi 3 Beroperasi Awal 2023

Konstruksi Tol Japek II Selatan pada Seksi 3 Tamanmekar-Sadang selesai pada November tahun ini.
Image title
10 Februari 2022, 16:54
jasa marga, tol, Japek, cikampek
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (10/4/2021).

 PT Jasa Marga menargetkan konstruksi Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada Seksi 3 Tamanmekar-Sadang selesai pada November tahun ini. Tol sepanjang 27,85 kilometer (Km) tersebut diharapkan bisa beroperasi pada awal 2023. 

Pengerjaan tol tersebut dilakukan PT Jasamarga Japek Selatan (JJS). Saat ini, perkembangan konstruksi Tol Tamanmekar-Sadang telah mencapai 60,82% dengan progres pembebasan tanah di level 92,04%. 

Direktur Utama PT JJS D. Hari Pratama mengatakan PT JJS terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"(Kami) terus berkoordinasi dengan kontraktor dan konsultan supervisi untuk pembangunan konstruksinya,” kata Hari Pratama dalam keterangan resmi, Kamis (10/2).

Advertisement

 Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), total panjang Tol Japek II Selatan mencapai 64 Km.

Konstruksi tol ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni Seksi 3  Tamanmekar-Sadang, Seksi 2 Setu-Tamanmekar, dan Seksi 1 Jatiasih-Setu.

Tol Tamanmekar-Sadang merupakan bagian terpanjang dari ketiga seksi itu. 

Tol Japek II Selatan dijadwalkan selesai seluruhnya pada 2025. Konstruksi Tol Setu-Tamanmekar direncanakan selesai pada September 2023, sementara itu Tol Jatiasih-Setu pada Oktober 2025. 

Hingga 10 Januari 2022, JJS hanya melakukan konstruksi pada Tol Tamanmekar-Sadang.

Sementara itu, total perkembangan pembebasan lahan telah mencapai 57,18% dengan rincian Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04%, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29% dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29%. 

 Hari mengatakan Tol Japek II Selatan akan terintegrasi dengan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Tol diharapkan bisa menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati.

Oleh karena itu, proses pembebasan lahan kini difokuskan pada Seksi 2 dan Seksi 3 yang ada melintasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Pengoperasian tol ini akan memangkas waktu tempuh dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Tol Japek II Selatan dirancang akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. 

Total investasi yang ditelan Tol Japek II Selatan mencapai Rp 14,69 triliun dengan biaya konstruksi senilai Rp 8,89 triliun. Pada 2021, total investasi yang telah direalisasikan adalah Rp3,95 Triliun. 


 

 

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait