Pemerataan Akses Digital di Indonesia Perlu Terus Didorong

Image title
Oleh Maidian Reviani - Tim Publikasi Katadata
5 April 2022, 14:30
Pemerataan Akses Digital di Indonesia Perlu Terus Didorong
Katadata

East Ventures mendorong adanya pemerataan akses digital di Indonesia, guna memaksimalkan potensi nilai ekonomi digital yang diperkirakan Google mencapai USD 146 miliar pada tahun 2025.

Operating Partner East Ventures David Fernando Audy mengatakan, akses digital atau internet yang merata akan membuat masyarakat bisa mendapat informasi berguna untuk menambah pengetahuan dan mempelajari banyak keahlian baru. Selain itu, akses internet yang baik dan merata juga bisa menciptakan peluang-peluang bisnis dan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Advertisement

“Internet merata dan meluas akan menciptakan lebih banyak lagi ide bisnis digital. Namun yang perlu dicatat selain daripada akses yang merata adalah inklusi literasi digital,” kata David pada webinar Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2022, dengan tema ‘Towards a Digital Transformation in Indonesia’, Selasa (5/4).

David menjelaskan, Laporan East Ventures Digital Competitiveness Index atau EV-DCI 2022 sejatinya menunjukkan daya saing digital antarprovinsi di Indonesia kini semakin merata. 

Laporan menunjukkan, skor EV-DCI 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar 35,2. Pada 2021 lalu sebesar 32,1 dan dua tahun sebelumnya yaitu 27,9 (2020).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement