Tren Permintaan Kendaraan Listrik Terus Meningkat

Image title
Oleh Maidian Reviani - Tim Publikasi Katadata
6 April 2022, 19:09
Tren Permintaan Kendaraan Listrik Terus Meningkat
Katadata

Kesadaran masyarakat mengenai energi hijau semakin hari menunjukkan sisi positif. Hal itu diketahui dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik-electric vehicle (EV).

Chief Operating Officer Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun mengatakan, tren EV semakin berkembang seiring meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai energi hijau yang ramah lingkungan.

Advertisement

"Mengurangi emisi karbon dan sesuai dengan Perjanjian Paris pada 2015," kata Lee dalam webinar Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2022 dengan tema "The Future of Automotive and Mobility", Rabu (6/4/2022).

Lee menjelaskan, pasar kendaraan listrik di dunia sangat besar. Penjualan mobil listrik tahun lalu di dunia sejumlah 6 juta unit. Dibandingkan tahun sebelumnya, penjualan tersebut naik 110 persen.

"Berarti kenaikan mobil listrik luar biasa. Perkembangannya memang luar biasa," ujar Lee.

Ia menambahkan, di Indonesia, pembelian mobil listrik bisa naik dua kali lipat. Pasalnya, tren di Eropa dan Cina, mobil berbahan bakar minyak tidak dijual lagi. Di Amerika, pemerintah diminta membeli mobil listrik dan bukan gasoline.

Lee menjelaskan, perkembangan mobil listrik di dunia tidak terlepas dengan dukungan pemerintah negara setempat berupa kebijakan memberi subsidi pembelian mobil listrik.

"Tiap negara memberi subsidi kepada pembeli mobil listrik. Kita mau tidak mau arahnya ke mobil listrik untuk masa depan," ungkapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement