Empat Operator Bus Sediakan Angkutan dari Hotel dan Mal ke Bandara

Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya rencananya mengoperasikan bus-bus dari 20 hotel dan lima mal di Jabodetabek untuk lima koridor menuju Bandara Soekarno-Hatta.
Image title
26 Mei 2017, 15:49
bis
Katadata
Ilustrasi bis antarkota antarprovinsi di sebuah terminal.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggandeng empat operator bus untuk menyediakan angkutan penumpang dari sejumlah hotel dan mal di Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Keempat operator bus yang menyediakan layanan JAConnexion ini adalah Damri, Blue Bird, Sinar Jaya, dan PPD.

Para operator tersebut akan menyediakan total 91 unit bus mikro dan bus untuk lima koridor menuju Bandara Soekarno-Hatta. “Kami pikir, kalau kami kumpulkan jadi angkutan massal, ini bagus sekali,” ujar Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga di kantornya, Jumat (26/5). (Baca: Bandara Soekarno Hatta Bakal Dilalui Skytrain pada Juni 2017)

Ia menjelaskan, volume kendaraan menuju Bandara Soekarno Hatta dalam setahun mencapai 70 juta unit. Sebanyak 80 persen merupakan kendaraan pribadi dan taksi. Hal ini disebabkan belum adanya transportasi massal untuk penumpang dari berbagai lokasi, terutama di hotel dan mal, menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Karena itu, BPTJ bersama sejumlah operator bus akan menyediakan layanan transportasi menuju Bandara Soekarno-Hatta. Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya rencananya mengoperasikan bus-bus dari 20 hotel dan lima mal di Jabodetabek untuk lima koridor. (Baca: Bulan Depan, Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung)

Koridor pertama memiliki rute Sentra Kuningan-Bandara Soekarno Hatta dengan titik keberangkatan di  hotel JW Marriott, Manhattan, Park Lane, serta Gran Melia. Sementara itu, koridor kedua beroperasi untuk rute Semanggi-Bandara Soekarno Hatta, dengan penjemputann di Hotel Mulia, Ritz-Carlton, dan Crown Plaza.

Koridor ketiga akan dibuka untuk rute Dukuh Atas-Bandara Soekarno Hatta dengan Hotel Intercontinental Mid Plaza, Sahid Jaya, Le Meridien, Four Seasons, dan Shangri-La sebagai titik keberangkatan. Selanjutnya, koridor keempat beroperasi untuk rute Bunderan HI-Bandara Soekarno Hatta dengan keberangkatan dari Grand Hyatt, Kempinski, Sari   Pan Pacific, dan Millenium.

Koridor kelima akan beroperasi dari Hotel Borobudur, Aryaduta Tugu Tani, serta Alila menuju Bandara Soekarno Hatta. PPD akan menyediakan 50 bus mikro untuk penumpang dari mal. Bus-bus tersebut diberangkatkan dari Mall Taman Anggrek, Mall Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, dan ITC Tanah Abang. Sementara itu Sinar Jaya akan menyediakan delapan bus dari Bogor Trade Mall.

BPTJ menargetkan perpindahan 75 persen pengguna layanan transportasi pribadi ke JAConnexion dalam beberapa tahun mendatang. Tahun ini, Elly menyebut target BPTJ hanya 50 persen karena frekuensi perjalanan bus yang masih terbatas per satu jam.

 “Dari 20 hotel yang diisiapkan pelayanannya, paling tidak 50 persen,” kata Elly. (Baca: Agustus, Penerbangan Internasional Pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta)

Kepala Sub-direktorat Kebijakan dan Pembiayaan BTJ Yohn Ferry menilai target ini masuk akal. Berdasarkan survei BPTJ terhadap 1.000 responden di 20 hotel sasaran, sebanyak 80 persen di antaranya menyatakan tertarik menggunakan layanan JAConnection. Mereka pun mengharapkan adanya layanan tambahan, seperti check in langsung di bus.

“Sekarang belum, tapi ke depan mungkin akan kami kembangkan,” ujar Yohn.

Video Pilihan

Artikel Terkait