Empat Operator Bus Sediakan Angkutan dari Hotel dan Mal ke Bandara

Image title
26 Mei 2017, 15:49
bis
Katadata
Ilustrasi bis antarkota antarprovinsi di sebuah terminal.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggandeng empat operator bus untuk menyediakan angkutan penumpang dari sejumlah hotel dan mal di Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Keempat operator bus yang menyediakan layanan JAConnexion ini adalah Damri, Blue Bird, Sinar Jaya, dan PPD.

Para operator tersebut akan menyediakan total 91 unit bus mikro dan bus untuk lima koridor menuju Bandara Soekarno-Hatta. “Kami pikir, kalau kami kumpulkan jadi angkutan massal, ini bagus sekali,” ujar Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga di kantornya, Jumat (26/5). (Baca: Bandara Soekarno Hatta Bakal Dilalui Skytrain pada Juni 2017)

Advertisement

Ia menjelaskan, volume kendaraan menuju Bandara Soekarno Hatta dalam setahun mencapai 70 juta unit. Sebanyak 80 persen merupakan kendaraan pribadi dan taksi. Hal ini disebabkan belum adanya transportasi massal untuk penumpang dari berbagai lokasi, terutama di hotel dan mal, menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Karena itu, BPTJ bersama sejumlah operator bus akan menyediakan layanan transportasi menuju Bandara Soekarno-Hatta. Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya rencananya mengoperasikan bus-bus dari 20 hotel dan lima mal di Jabodetabek untuk lima koridor. (Baca: Bulan Depan, Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung)

Koridor pertama memiliki rute Sentra Kuningan-Bandara Soekarno Hatta dengan titik keberangkatan di  hotel JW Marriott, Manhattan, Park Lane, serta Gran Melia. Sementara itu, koridor kedua beroperasi untuk rute Semanggi-Bandara Soekarno Hatta, dengan penjemputann di Hotel Mulia, Ritz-Carlton, dan Crown Plaza.

Koridor ketiga akan dibuka untuk rute Dukuh Atas-Bandara Soekarno Hatta dengan Hotel Intercontinental Mid Plaza, Sahid Jaya, Le Meridien, Four Seasons, dan Shangri-La sebagai titik keberangkatan. Selanjutnya, koridor keempat beroperasi untuk rute Bunderan HI-Bandara Soekarno Hatta dengan keberangkatan dari Grand Hyatt, Kempinski, Sari   Pan Pacific, dan Millenium.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement