Batal Ajukan Banding, Ahok Tulis Surat "Tuhan Tidak Tidur"

Asep Wijaya
Oleh Asep Wijaya - Maria Yuniar Ardhiati
23 Mei 2017, 13:46
Veronica Tan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Istri Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronica Tan, menangis saat membacakan surat Ahok di Jakarta, Selasa (23/5).

Tim Kuasa Hukum dan Keluarga Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan mencabut permohonan banding atas vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif tersebut. Keputusan pencabutan permohonan banding itu setelah mempelajari isi surat yang ditulis Ahok di Rumah Tahanan Mako Brimob, Depok, Minggu (21/5).

“Surat itu jadi alasan pencabutan banding untuk kepentingan orang dan bangsa yang lebih besar,” kata anggota tim penasihat hukum, Fifi Letty Indra, saat konferensi persnya bersama keluarga Ahok di Jakarta, Selasa (23/5).

Advertisement

Padahal, menurut Fifi yang juga merupakan adik Ahok ini, jaksa penuntut umum sebenarnya menyatakan tuduhan yang diterima Ahok tidak terbukti. Di pengadilan, Ahok tidak terbukti melakukan penistaan agama.

“Perkara ini lebih kuat muatan politisnya daripada hukumnya,” kata Fifi. Ia mengungkapkan, pasal 156 KUHP tentang penodaan agama tidak terbukti sama sekali.  (Baca: Isi Lengkap Pledoi Ahok: Saya Ini Korban Fitnah)

Jaksa penuntut umum menilai, yang terbukti dilakukan Ahok adalah penghinaan atas golongan tertentu, seperti dimuat Pasal 156 KUHP. Namun, tim pengacara memiliki pandangan lain. “Menurut kami, tidak terbukti juga. Golongan yang mana?” ujar Fifi.

Meski begitu, pihak keluarga memutuskan mencabut permohonan banding. "Untuk kepentingan orang dan bangsa yang lebih besar," kata Fifi.

Fifi kemudian mempersilakan istri Ahok, Veronica Tan, membacakan surat Ahok yang ditulis tangan. “Pada saat kami sebagai keluarga memutuskan untuk tidak banding, Bapak meminta saya membacakan surat ini kepada semua,” kata Veronica. 

(Baca: Ahok Divonis Penjara 2 Tahun, Jokowi: Tak Ada Intervensi Hukum)

Berikut ini isi lengkap surat Ahok yang dibacakan Veronica, berdasarkan transkrip rekaman saat konferensi pers tersebut. Saat membacakan surat tersebut, Veronica sempat menangis.

Rumah tahanan Depok

Minggu, 21 Mei 2017

Kepada para relawan dan pendukung Ahok, yang saya cintai. Mereka semua yang telah menjalankan proses demokrasi di mana pun berada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement