Kemenhub Tambah Kapasitas Mudik Gratis Motor Hingga 154 Persen

“Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu kami imbau menggunakan kapal karena semuanya gratis," kata Menhub Budi Karya.
Maria Yuniar Ardhiati
18 Mei 2017, 17:19
motor
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sejumlah mitranya menyelenggarakan program angkutan gratis sepeda motor untuk masa mudik Lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik menggunakan sepeda motor. 

“Kami mengimbau para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jauh, dan menggunakan mudik gratis ini,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Kamis (18/5). (Baca: Pemerintah Siapkan Mudik Gratis Lewat Program CSR BUMN)

Tahun ini, kuota untuk sepeda motor pada program mudik gratis mencapai 44.721 unit. Angka ini naik 154,72 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar 17.557 unit.  Pada masa angkutan Lebaran 2017, sebanyak 10.625 sepeda motor diberangkatkan melalui moda jalan dan penyeberangan, 16.000 unit lewat moda laut, dan 18.096 unit lainnya menggunakan kereta api.

Para pemudik dengan sepeda motor bisa menggunakan dua kapal feri, yaitu KMP Jatra Tiga tujuan Lampung, serta KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Selain itu, ada dua kapal roll on-roll off (ro-ro) yang juga akan beroperasi menuju Semarang.

“Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami imbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis,” ujar Budi Karya. (Baca: Sistem Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik Akan Difinalisasi Bulan Depan)

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor melalui moda penyeberangan dibuka pada 1 Juni mendatang hingga dua hari sebelum keberangkatan, di Kantor Dinas Perhubungan Depok, Kantor Dinas Perhubungan Bekasi, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Kantor PT ASDP Pusat.

Untuk moda laut, pendaftaran dilakukan secara online melalui www.mudikgratis.dephub.go.id mulai 29 Mei mendatang hingga dua hari sebelum keberangkatan. (Baca: Cegah Macet, Pemerintah Batasi Akses Tol “Brexit" Saat Mudik)

Sementara itu, hingga 17 Mei lalu, kuota sepeda motor untuk moda kereta api lintas utara sudah terpenuhi 15.566 unit untuk total lintas utara dan lintas selatan. Jumlah ini telah mencapai 86 persen dari total kuota untuk kereta api sebanyak 18.096 sepeda motor.  

Video Pilihan

Artikel Terkait