Walton Family Kucurkan Rp 427 Miliar untuk Perikanan Indonesia

Maria Yuniar Ardhiati
22 Februari 2017, 19:51
Nelayan Tuna
Donang Wahyu|KATADATA
Nelayan mempersiapkan Pakura (perahu kecil) untuk bersiap melaut menangkap ikan tuna di Selat Lembeh, Sulawesi Utara.

Walton Family Foundation, salah satu lembaga nirlaba dunia, berencana mengucurkan dana US$ 32 juta atau setara Rp 427 miliar di Indonesia hingga akhir 2020. Dana bantuan tersebut untuk mendukung reformasi manajemen sektor perikanan di Tanah Air.

Demi mencapai tujuan tersebut, dana itu akan dialirkan ke pemerintah, mitra lokal, organisasi nirlaba, serta pelaku bisnis. Harapannya adalah meningkatkan kebijakan di sektor perikanan, yang menyelaraskan kepentingan ekonomi dengan lingkungan dan kehidupan sosial.

Walton Family mengungkapkan cara untuk meningkatkan perekonomian melalui komunitas perikanan. "Dengan bekerja lebih cerdas dalam mendapatkan ikan, bukan lebih keras," ujar ketua yayasan tersebut, Rob Walton, seperti dilansir Yahoo! News, Selasa (21/2), .

(Ekonografik: Pemulihan Lingkungan, Kunci Produktivitas Perikanan)

Direktur Program Walton Family, Barry Gold, menyebut lembaga tersebut akan mempertahankan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia di sektor perikanan. Investasi yang dikucurkan Walton Family akan digunakan untuk mendukung reformasi manajemen sektor perikanan, termasuk untuk jenis blue swimming crab, tuna, dan snapper-grouper.

Selain itu, dana dari lembaga ini rencananya dimanfaatkan untuk tiga hal. Pertama, meningkatkan kemampuan lembaga manajemen perikanan Indonesia dalam menggunakan data serta perangkat ilmiah sebelum mengambil kebijakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...